THRUCOOL, Layanan Kargo Terbaru SIA Khusus untuk Produk Farmasi

ANGKASAREVIEW.COM – Singapore Airlines (SIA) secara resmi telah mengenalkan THRUCOOL, layanan terbaru untuk mengangkut kargo produk farmasi dan alat kesehatan. Peluncuran layanan ini digelar perusahaan pada Kamis (20/9/2018) lalu.

THRUCOOL menawarkan layanan cold chain khusus (layanan logistik dengan pangaturan suhu) untuk menjaga keutuhan pengiriman produk farmasi dan alat kesehatan selama proses pengangkutan udara. Fasilitas ini mencakup layanan prioritas dalam pengangkatan dan penanganan; proses pemindahan yang cepat di bandara; fasilitas ruang pendingin; serta selimut dan penutup termal untuk isolasi yang krusial terhadap faktor eksternal.

Para pelanggan juga dapat memilih untuk menempatkan produk mereka pada peti kemas dengan suhu terkontrol, serta melacak lokasinya selama proses pengiriman.

Untuk lebih menjaga keutuhan produk dalam penanganan cold chain selama di darat maupun udara, SIA telah bermitra dengan operator terminal terkemuka seperti SATS, Cargologic, dan Qantas Freight untuk meluncurkan ‘quality corridor’ sepanjang rute Zurich-Singapura-Sydney sebagai penawaran awal.

Sesuai dengan standar yang diadopsi dari program IATA CEIV Pharma, ‘quality corridor’ ditujukan untuk menjawab kebutuhan industri akan keamanan, perlindungan, dan efisiensi dalam pengangkutan produk farmasi dan alat kesehatan. Hal ini mengurangi potensi hilangnya produk yang disebabkan oleh faktor penanganan dan lingkungan, seperti perubahan suhu selama pengangkutan.

“Sebagai maskapai pertama di wilayah Asia Pasifik yang menerima sertifikasi CEIV Pharma, peluncuran THRUCOOL mempertegas komitmen kami dalam menyediakan layanan cold chain khusus untuk pengiriman produk farmasi yang sensitif terhadap waktu dan suhu,” kata Senior Vice President Cargo SIA Mr Chin Yau Seng saat peluncuran THRUCOOL.

Baca Juga:

Gunakan A350-900 Terbaru, Singapore Airlines Segera Luncurkan Rute Singapura-Adelaide

Pererat Kemitraan Strategis dengan Alibaba Group, Pasar Singapore Airlines Makin Lebar

Kami, lanjutnya, sangat sadar akan peran dari pengiriman ini dalam menyelamatkan hidup masyarakat di seluruh dunia. THRUCOOL merupakan jaminan bahwa produk kargo milik pelanggan kami akan menerima perlindungan terbaik.

“Tidak hanya dalam penerbangan namun juga dalam proses transit di darat. Kami akan terus berkolaborasi dengan para mitra dalam industri kami untuk terus memperluas ‘quality corridor’ dan lebih meningkatkan keutuhan produk farmasi dalam perjalanan mereka di berbagai jalur perdagangan utama,” imbuhnya.

SIA merupakan maskapai pertama di wilayah Asia Pasifik yang menerima Sertifikasi IATA CEIV Pharma dan merupakan bagian dari komunitas internasional dan regional CEIV seperti Pharma@Changi dan Pharma.Aero, yang bersama-sama mengejar inovasi dalam pengiriman produk farmasi.

Sertifikasi CEIV Pharma ini menerapkan standar ekstensif yang mengikuti pedoman yang diterapkan oleh European Union’s Good Distribution Practice dan World Health Organization Annex 5 Good Distribution Practices for Pharmaceutical Products.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *