Sistem artileri medan terbaru Rusia 2S7M Malka turun di palagan Rusia-Ukraina

2S7MIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Foto sistem artileri medan 2S7M terbaru milik Angkatan Darat Rusia terlihat digunakan menembak posisi lawan di wilayah Kharkov, Ukraina.

Diketahui, sistem armed yang dijuluki Malka ini adalah hasil modernisasi (upgrade) yang dipesan Kementerian Pertahanan Rusia untuk pengadaan pada 2020-2022.

Kementerian Pertahanan Rusia telah menerima pengiriman kelompok pertama kendaraan tempur artileri kanon besar (self-propelleded heavy artillery cannon) tersebut dari Uraltransmash pada April 2020 lalu.

Uraltransmash sendiri adalah anak perusahaan Uralvagonzavod (bagian dari Rostec). Perusahaan mulai mengembangkan sistem ini sejak 1976 semasa Uni Soviet, dengan produk awal 2S7 Pion (Peony).

Untuk versi terkini 2S7M, telah mendapatkan sejumlah pembaruan. Antara lain pada kanon 2A44 kaliber 203 mm, kemudian roda, sistem elektronik, serta sejumlah komponen lainnya.

Bila kapasitas proyektil pada 2S7 hanya empat butir, maka pada 2S7M sudah dapat memuat delapan butir proyektil atau dua kali lipatnya.

Demikian pula dengan jarak jangkau tembakannya, yang tadinya hanya 37,5 km kini bisa mencapai 50 km. Rata-rata tembakan juga meningkat menjadi 2,5 putaran per menit.

Untuk spesifikasinya, sistem 2S7M ini memiliki bobot 46,5 ton. Panjang 10,5 m, lebar 3,3 m, dan tinggi 3,0 m. Malka dioperasikan oleh tujuh orang prajurit.

Kendaraan pengusung kanonnya ditenagai mesin diesel V-46-I V12 berdaya 840 hp.

Kecepatan maksimum di jalan datar mencapai 50 km jam, dan jangkauan operasi 650 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *