Pererat Kemitraan Strategis dengan Alibaba Group, Pasar Singapore Airlines Makin Lebar

ANGKASAREVIEW.COM – Singapore Airlines (SIA) dan Alibaba Group umumkan kemitraan strategis secara menyeluruh. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan bagi para pelancong melalui transformasi teknologi yang potensial, serta kerja sama di berbagai bidang lainnya.

Kolaborasi ini mencakup beberapa investor dalam ekosistem Alibaba Group, termasuk Fliggy, Alibaba Cloud, Alipay, dan Cainiao Network.

Kemitraan ini mencakup berbagai bidang seperti penjualan tiket pesawat, program loyalitas maskapai, inisiatif pemasaran, layanan cloud, serta logistik dan pembayaran. Jalinan ini akan mengakses ke lebih dari 600 juta pengguna aktif perangkat seluler milik pasar ritel Alibaba China dan akan membuka berbagai manfaat baru bagi para pelanggan di dalam rantai nilai ritel dan perjalanan.

SIA dan Alibaba Group akan mendapatkan masukan dari para pelanggan yang dapat ditindaklanjuti untuk kepentingan para pelancong dalam salah satu pasar perjalanan yang paling cepat berkembang di dunia.

Ikatan ini merupakan perpanjangan yang signifikan dari kemitraan antara SIA dan Alipay (afiliasi Alibaba Group) yang diperkenalkan sebagai salah satu opsi pembayaran di situs SIA pada tahun 2013.

“Di tengah perubahan struktural dalam industri kami, kami telah menciptakan berbagai langkah signifikan untuk memastikan bahwa kami dapat memenuhi tantangan baru yang kompetitif dan menyalurkan brand promise kami bagi para pelanggan,” ungkap Mak Swee Wah, Executive Vice President Commercial Singapore Airlines, Jum’at (24/8/2018).

Baca Juga:

Singapore Airlines Tambah Frekuensi Layanan Penerbangan ke Jepang

Singapore Airlines Raih Predikat World’s Best Airline dari Skytrax

Selain itu, lanjutnya, meningkatkan kapabilitas digital merupakan salah satu prioritas kami dan kemitraan kami dengan Alibaba Group akan menjadi sebuah elemen penting dalam perjalanan kami untuk menjadi pemimpin dalam dunia aviasi digital.

“Kami sangat senang dapat meningkatkan cakupan kerja sama kami dengan Singapore Airlines, yang bukan saja merupakan salah satu maskapai terkemuka di dunia, namun juga salah satu brand yang telah diakui di dunia,” ungkap Angel Zhao, President of Alibaba Global Business Group yang juga menjabat sebagai Vice President of Alibaba Group dan President of Fliggy.

Kerja sama ini juga diharapkan dapat mencakup berbagai bidang lainnya. SIA dan Alipay akan bekerja untuk memperluas penerimaan Alipay di luar pembelian tiket penerbangan serta mencakup produk dan layanan dalam penerbangan, layanan bandara, merchandise ritel, dan ancillary touchpoints.

Bersama dengan Alibaba Cloud, SIA akan menjelajahi lebih jauh dalam ekosistem IT milik SIA dan dapat memanfaatkan jaringan global Alibaba Cloud. Hal ini melingkupi cakupan luas dari pusat data Alibaba Cloud serta kemampuannya dalam mengatasi kebutuhan sumber daya bidang aviasi melalui ET Brain, program AI milik Alibaba Cloud.

SIA juga akan bekerja lebih dekat dengan Cainiao Network untuk meningkatkan layanan kargo udara internasional, serta bergabung dengan usaha milik Cainiao Network yang lebih luas dalam membangun jaringan logistik cerdas, yang mampu mengirimkan paket ke China dalam waktu 24 jam dan 72 jam secara global.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *