Yonif Mekanis Raider 412 Kostrad Mulai Bertugas Sebagai Satgas Pamtas RI-PNG

ANGKASAREVIEW.COM – Batalyon Mekanis Raider 412 Kostrad Sabtu (25/8/2018) lalu resmi menyandang tugas baru sebagai Satgas Pamtas RI – PNG. Pelepasan pasukan ini dilakukan di Alun – Alun Purworejo, Jawa Tengah, yang diikuti 450 personil.

Wadanyonif MR 412 Kostrad Mayor Inf. Yudi Eka Pratama menjelaskan, rancananya prajurit batalyon yang ditugaskan akan diberangkatkan tanggal 2 September 2018.

“Pasukan Yonif MR 412 Kostrad rencananya akan di tempatkan di Kabupaten Boven Digoel tepatnya di Tanah Merah, kurang lebih selama 10 bulan. Kita nantinya tidak hanya menjaga perbatasan, tapi juga melaksanakan pemeriksaan dan sweeping bagi warga atau masyarakat yang masuk atau keluar melintas batas RI – PNG,” terang Yudi.

Baca Juga:

Sambangi Satgas Yonif Para Raider 501 Kostrad, PNGDF Jajaki Kerja Sama Pertahanan

Yonif Raider 321 Kostrad Gelar Latihan Harpuan PJD Hingga Pembebasan Tawanan

Selain itu, lanjutnya pasukan juga melakukan tugas pembinaan teritorial terbatas kepada masyarakat dan membantu kegiatan masyarakat di sekitar pos.

Ia menjelaskan, sebelumnya prajurit juga sudah diberi penataran dan pelatihan untuk bekal dan pengetahuan mereka tentang keimigrasian, bea & cukai, serta cara mengajar (menjadi guru).

“Karena diperbatasan kita juga membantu sekolah – sekolah yang kekurangan guru, dan akan mengajar terutama mengajar membaca, menulis dan berhitung,” jelasnya.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *