Indonesia Mengangkasa, PTDI Gelar Festival Dirgantara dan Terbangkan N219

ANGKASAREVIEW.COM – Merayakan hari jadinya yang ke-42 pabrik pesawat terbang PT Dirgantara Indonesia (PTDI) di Bandung, Jawa Barat menggelar Festival Dirgantara Indonesia selama dua hari mulai Sabtu sampai hari ini Minggu (26/8/2018).

Festival yang mengusung tema ‘Indonesia Mengangkasa’ ini terbuka untuk masyarakat umum. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB di kawasan PTDI di Jalan Pajajaran No. 154 Bandung.

Sobat setia AR, dalam Festival Dirgantara Indonesia pengunjung dapat melihat dari dekat pesawat buatan PTDI mulai dari NC212, CN235, dan CN295.  Selain itu pengunjung dapat pula merasakan menerbangkan pesawat baru buatan PTDi N219 Nurtanio menggunakan kokpit simulator pesawat tersebut.

Erliansjah

Yang tak kalah menarik, dalam acara ini juga dipamerkan produk-produk BUMN Industri Strategis yang tergabung dalam kelompok NDHI (National Defence & Hi-Tech Industries), yaitu PT Pindad, PT Dahana, PT Inti, PT LEN, dan PT Inuki.

Bagi penggemar alutsista, kehadiran produk senjata PT Pindad pastinya akan sangat disenangi.

Erliansjah

Lalu ada acara Food Jet Festival di mana pengunjung dapat menikmati hidangan khas Nusantara dari dalam kabin pesawat. Digelar pula kegiatan sosial berupa pasar sembako murah untuk masyarakat umum dan panggung musik menampilkan grup-grup band dari Kota Kembang.

Dalam Festival Dirgantara Indonesia juga ditampilkan jajaran pemenang lomba desain colour scheme body untuk pesawat N219 serta pameran dan lomba foto oleh Komunitas Fotografi Dirgantara (KFD) PTDI.

Erliansjah

Khusus pada hari pertama, dilaksanakan ‘Open House & Visit Hangar’. Kegiatan ini cukup langka karena masyarakat umum biasanya tak sampai masuk ke ruang pabrik manufaktur pesawat.

Sobat AR, pada hari pertama kemarin hadir pula tamu undangan yakni Vice Chairman PT RAI (Regio Aviasi Indonesia) Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie dan rombongan yang disambut langsung oleh Dirut PTDI Elfien Goentoro.

Erliansjah

Masih di hari pertama, pada pukul 9.30 WIB pesawat N219 diterbangkan dengan pesawat pendamping (chaser) Quest Kodiak. Kegiatan tersebut langsung disambut oleh jepretan kamera dan rekaman video para pengunjung.

Selesai melaksanakan kegiatan rutin terbang uji, N219 langsung digiring masuk ke dalam hanggar dan tak dipamerkan untuk umum.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *