Laporan dari Rusia: Resmi Digelar, ARMY 2018 Surga Pecinta Alutsista Rusia

ANGKASAREVIEW.COM– Penyelenggaraan pameran dan forum teknologi militer ARMY 2018 resmi digelar oleh Kementerian Pertahanan Rusia pada 21 hingga 26 Agustus 2016. Mengambil tempat di Patriot Expo, Kubinka, Moscow Region (berjarak 60 km dari kota Moskow) ajang ARMY 2018 jadi surga bagi para pecinta alutsista utamanya produk Rusia.

Tidak hanya deretan alutsista matra darat yang ‘tumplek-blek’ dihadirkan, ARMY 2018 juga menampilkan sejumlah pertunjukan dinamik di udara (flying display).

Tidak tanggung-tanggung, jet tempur siluman generasi kelima Rusia Su-57 mengudara mempertunjukkan gelegar suara dan auranya.

Selain Su-57, tampil pula MiG-31, Yak-130, Ka-52, tim aerobatik Berkutz dengan heli Mi-28N, tim aerobatik Strizhi (Swifts) dengan MiG-29, dan tim aerobatik Russkie Vityazie (The Russian Knight) dengan Su-30SM.

Roni Sontani

Namun perlu diperhatikan, pameran statik alutsista darat dengan pameran dinamik pesawat berbeda tempat. Untuk pameran statik berkumpul di Patriot Expo, sedangkan untuk flying display dilaksanakan di Kubinka Air Base, markas tim aerobatik AU Rusia. Di Kubinka Air Base ini juga pamerkan helikopter terbaru buatan Russian Helicopters yaitu Mi-26

Jarak dari kota Moskow ke Patriot Expo di Kubinka kurang-lebih 60 km dan dapat ditempuh dengan waktu satu jam menggunakan mobil. Sementara dari Patriot Expo ke Kubinka Air Base butuh waktu perjalanan setengahnya alias 30 menit. Perjalanan akan menjadi lebih lama apabila tersendat karena banyaknya pengunjung yang datang.

Roni Sontani

Sobat AR, pantauan Angkasa Review langsung di lokasi, Patriot Expo telah dijejali beragam alutsita darat seperti tank, rudal jarak jauh, dan kendaraan lainnya. Nama-nama beken seperti sistem pertahanan udara (sishanud) S-300, S-400, T-14 Armata, dan alutsista lainnya tersedia. Dari ujung ke ujung isinya adalah alutsista. Sementara di dalam hal terdapat stan-stan atau booth perusahaan-perusahaan domestik maupun mancanegara.

Meski di Patriot Expo umumnya adalah digerlar alutsista darat, banyak pula yang menaruh perhatian pada hadirnya heli-heli gahar buatan Russian Helicopters (RH). RH menampilkan secara statik Mi-35M, , ANSAT, Ka-226T, dan Mi-17V-5 dan Mi-28NE berikut persenjataannya, truk militer, kendaraan angkut lapis baja, radar bergerak, dan sebagainya.

Roni Sontani

Masih di sekitar Patriot Expo, juga dilaksanan pergelaran dinamik alutsista darat berupa penembakan darat seperti BMP-3, BTR-82A, BMD-4M, T-90, T-72, T-80, dan lainnya. Posisi kluster demonstrasi alutsista darat ini tidak terlalu jauh dari tempat dilangsungkannya expo ini.

Di dalam hall, banyak pula stan-stan/booth yang menampilkan beragam informasi pelaratan/alutsista yang dibutuhkan militer. Alutsista-alutsista yang dihadirkan merupakan produk dari generasi modern.

Saking banyaknya alutsista yang digelar pengunjung butuh waktu yang cukup untuk menjelajah satu per satu alutsista yang dipamerkan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *