6 Pesawat Rusia Berhasil Diintersep Typhoon di Laut Hitam

ANGKASAREVIEW.COM – Enam pesawat Rusia berhasil diintersep alias dicegat kedatangannya oleh jet tempur Typhoon di wilayah udara perairan Laut Hitam saat mendekati wilayah udara NATO. Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) mengatakan hal itu, Rabu (15/8/2018).

Dijelaskan, Typhoon diluncurkan ke udara pada Senin pagi dari Pangkalan Udara di Rumania ketika jet serang Su-24 Fencer milik AU Rusia terdeteksi oleh dua pilot Typhoon dari kesatuan 135 Expeditionary Air Wing (EAW).

Operasi pencegatan dilaksanakan oleh Typhoon melalui koordinasi dengan Enhanced Air Policing (EAP) yang digelar NATO.

Saat kejadian, enam pesawat Rusia terbang mendekati wilayah udara NATO. Padahal, lanjut keterangan RAF, biasanya pesawat-pesawat Rusia itu melakukan aktivitasnya pada malam hari sambil mengarah ke wilayah Krimea.

Menteri Pertahanan Rumania Mihai Fifor sebelumnya menyatakan, Rusia seringkali melaksanakan ‘provokasi’ di wilayah udara dalam beberapa bulan terakhir. Pencegatan oleh Typhoon terhadap pesawat Rusia bukan pertama kali terjadi.

RAF menempatkan empat jet Typhoon di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu, wilayah tenggara Rumania untuk melaksanakan patroli udara dan pengamanan wilayah udara NATO.

Di pangkalan tersebut, Amerika Serikat juga menempatkan ratusan personel militernya.

Perkuatan militer dilakukan oleh NATO pasca dilaksanakannya aneksasi oleh Rusia terhadap Krimea pada 2014 silam.

Sejumlah negara menempatkan pesawat tempur di beberapa pangkalan yang disiagakan negara-negara pendukung. AU AS (USAF) misalnya, menempatkan empat F-15C di Pangkalan Udara Graf Ignatievo, Bulgaria berikut 300 personel militernya. Mereka melaksanakan tugas yang disebut Theater Security Package (TSP).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *