India Donasikan 2 Dornier Do 228 kepada AU Republik Sesel

Istimewa

ANGKASAREVIEW.COM – Sobat Angkasa Review, Pemerintah India telah mendonasikan dua unit pesawat pengawasan maritim (maritime surveillance) Dornier Do 228 yang dibangun pabrik HAL India kepada Angkatan Udara Republik Sesel (Seychelles).

Pesawat diserahkan oleh Menteri Urusan Luar Negeri India Sushma Swaraj kepada Presiden Republik Sesel Danny Faure di New Delhi, 26 Juni lalu.

Dikutip dari Defpost, Danny Faure menyambut baik hibah tersebut dan mengatakan pesawat akan digunakan untuk meningkatkan pengawasan zona ekonomi ekslusif (ZEE) negaranya.

Sementara Sushma Swaraj menyatakan, donasi dua Do 228 kepada Rebuplik Sesel merupakan komitmen berkelanjutan dari India dalam menjalin kerja sama multibidang dengan Republik Sesel. Pada kesempatan tersebut, Swaraj sekaligus menyerahkan sertifikasi kelayakan terbang pesawat itu kepada Faure.

Info Lain: Dua Jaguar Pengintai Asal Perancis Tampil Perdana di Habitat Barunya

Do 228 hasil produksi HAL dilengkapi radar pengawasan 360 derajat, FLIR, SATCOM, TCAS, EGPWS, dan peralatan lainnya. Pesawat berkonfigurasi sayap tinggi yang ditenagai dua mesin dan berkapasitas angkut komersial 19 penumpang ini digunakan secara luas untuk fungsi pengawasan maritim berkat keandalan dan biaya operasionalnya yang rendah.

Do 228 dibuat oleh pabrik Dornier GmbH, Jerman (sekarang RUAG, Swiss) sejak 1982. India melalui Hindustan Aeronautics Ltd (HAL) ikut memroduksi Do 228 secara lisensi sejak 1985 dan hingga saat ini telah menghasilkan 125 unit. Sebanyak 38 unit di antaranya digunakan oleh Penjaga Pantai India (Indian Coast Guard).

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *