Tawarkan Konfigurasi Lebih Luks, Era Baru ACJ320neo Segera Dimulai

ANGKASAREVIEW.COM – Airbus segera menghadirkan pesawat berkonfigurasi luks berlabel ACJ320neo. Pesawat dari basis A320neo ini merupakan pesawat jet korporat dengan interior mewah dan memiliki ruang lebih luas.

Pesawat pertama ACJ320neo saat ini dalam proses perakitan akhir di fasilitas Airbus di Hamburg, Jerman. Pesawat pesanan maskapai Acropolis Aviation dari Inggris ini akan diserahkan pada kuartal terakhir tahun ini.

Sementara pesawat kedua yang merupakan pesanan Comlux dari Swis akan diserahkan menyusul kemudian.

Airbus mengatakan, saat ini sedikitnya ada 300 A320neo mengudara dalam layanan maskapai komersial di seluruh dunia. Sementara ACJ320neo baru saja akan dimulai.

Dari sisi tampilan luar, tidak ada perbedaan antara ACJ320neo dengan A320neo. Kedua pesawat sama-sama dilengkapi mesin baru (new engine option -neo) dan sharklet di ujung sayap yang mampu menghemat penggunaan bahan bakar hingga 15%.

Perbedaan baru terasa jelas manakala penumpang masuk ke kabin ACJ320neo. Pesawat tidak lagi berkonfigurasi kursi layaknya layanan komersial reguler.

Info Militer AR: Pandu Jet Tempur Rusia, Beriev A-100 AWACS Mampu Deteksi 300 Target

Dengan kapasitas 25  penumpang ACJ320neo mampu terbang sejauh 11.100 km atau mengudara selama 13 jam. Pesawat dapat menghubungkan London dengan Beijing atau Cape Town dan Moskow dengan Los Angeles.

Ada pula A319neo dengan delapan penumpang mampu terbang sejauh 12.500 km atau mengudara selama 15 jam.

Kemampuan jelajah yang tinggi keluarga ACJ320neo dimungkinkan karena ruang kargo dimodifikasi menjadi tanki bahan bakar tambahan.

Airbus dalam lamannya menyatakan, pesanan terhadap ACJ320neo saat ini berjumlah sembilan unit, terdiri dari tiga ACJ319neo dan enam ACJ320neo.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *