Latihan Mako PPRC TNI, Medium Mengasah Kemampuan Reaksi Cepat Tiga Matra TNI

ANGKASAREVIEW.COM – Didampingi Kasad Jenderal TNI Mulyono dan Wakasau Marsda TNI Wieko Syofyan Panglima, TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto membuka langsung Latihan Mako Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI di Ruang Pusat Komando dan Pengendalian PPRC Markas Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad, Singosari, Malang, Senin (30/4/2018).

Dalam latihan kali ini, Pangdivif 2 Kostrad Brigjen TNI Marga Taufiq diamanahkan sebagai Komandan PPRC dan memiliki garis komando langsung di bawah Panglima TNI.

PPRC TNI adalah Satuan Komando Gabungan TNI (AD, AL dan AU) yang disiagakan setiap saat untuk melaksanakan tugas pokok sebagai penindak awal terhadap berbagai kontijensi, yang terjadi di seluruh wilayah NKRI.

Diikuti sebanyak 344 personel dari tiga matra TNI, latihan ini dilaksanakan selama tiga hari yang akan berakhir pada hari ini (Kamis, 3/5/2018).

BACA  Ini Dia Street Hawk, Moge Hitam Pengawal Jokowi

Baca Juga:

Aksi Terjun HALO dan HAHO dalam Rangkaian PPRC TNI

Intip Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad Kala Jalani Latihan Taktis Peleton

Latihan Mako PPRC TNI merupakan latihan pada tahap perencanaan dan persiapan operasi yang melibatkan enyelenggara, unsur pimpinan dan staf PPRC TNI. Operasi yang dilaksanakan PPRC TNI adalah memberi ruang dan waktu kepada Komando Gabungan TNI yang lebih besar.

Latihan Mako juga dapat dikatakan sebagai forum intelektual guna menyamakan berbagai macam bentuk pengetahuan militer dari sudut kematraan masing-masing. Hal ini guna mewujudkan satu kesamaan persepsi didalam memandang tugas pokok yang diberikan pimpinan TNI.

Hal ini perlu dilakukan untuk mewujudkan suatu kekuatan berkemampuan reaksi cepat yang setiap saat dapat digunakan serta selalu dalam keadaan siaga operasional.

BACA  Selamat untuk Saab, GlobalEye Sukses Terbang Perdana

Hadi berharap agar semua prajurit yang terlibat pada latihan Mako ini dapat memanfaatkan momen tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan, khususnya pengetahuan di dalam proses pengambilan keputusan. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *