Kalyani ECARS, Robot Perang Serbaguna dari India

ANGKASAREVIEW.COM – Ke depan, penggunaan kendaraan darat tak berawak (UGV) di medan tempur sepertinya menjadi kebutuhan yang tak dapat ditawar. Satu persatu muncul dan mulai dievaluasi, seperti HDT Hunter WOLF dari AS, STX Phantom dari Ukraina, dan tak ketinggalan STK Jaeger 6 dari negeri jiran Singapura.

Di kawasan Asia Selatan, India menjadi pelopor dengan melansir ECARS (Enhanced Collaborative Autonomous System) yang dikembangkan oleh Kalyani Group yang berbasis di Pune, India. Kendaraan berwujud ATV ini ditampilkan dalam DefExpo 2018 yang berlangsung di Chennai tanggal 11–14 April lalu.

ECARS didapuk sebagai kendaraan yang mampu melakukan berbagai peran seperti wahana pengawasan, misi penyelamatan, pendeteksi ranjau, pembuangan bom, pengangkut logistik serta operasi militer lainnya di lingkungan yang berbahaya. Namun prototipenya saat ini belum dilengkapi dengan persenjataan.

Istimewa

Operasi otonom ECARS menggunakan sensor gerak video untuk menghindari tabrakan, mendeteksi ancaman dan mampu merencanakan misi sesuai perintah yang dikendalikan jarak jauh. Operator dapat memilih WiFi atau frekuensi radio untuk mengemudikan kendaraan.

Bila dioperasikan secara manual (menggunakan sopir) kecepatan tertingginya 20 km/jam, sedangkan dalam mode otonom atau dikendalikan dari jauh menggunakan tongkat kendali kecepatannya hanya 15 km/jam. Dapat beroperasi 24 jam terus menerus saat menggunakan baterai dan generator atau enam jam penuh dalam mode senyap.

Istimewa

ATV empat roda ini dikemudikan dengan mekanisme skid-steer yang sanggup mendaki lereng dengan sudut hingga 45 derajat.  Memilliki kemapuan amphibi atau melintas didarat dan permukaan air serta bisa dioperasikan dalam iklim yang kurang bersahabat mulai dari -40 hingga +40 derajat Celcius.

ECARS sendiri telah menjalanai rangkaian uji coba pada tahun 2016 silam. Namun hingga saat ini Kalyani belum menginformasikan apakah telah mendapat pesanan dari Militer India? Namun satu hal yang pasti, India telah maju selangkah dalam pengembangan robot perang tak berawak. RANGGA BASWARA