Herky TNI AU Kembali Angkut Bantuan untuk Pengungsi Rakhine

ANGKASAREVIEW.COM – TNI Angkatan Udara kembali mengirimkan pesawat C-130 Hercules guna mengangkut bantuan kemanusiaan dari Pemerintah Indonesia untuk pengungsi Rakhine State, Myanmar.

Bantuan sebanyak 10,43 ton terdiri dari bahan makanan, pakaian, selimut, perlengkapan sekolah, alat kesehatan, dan kebutuhan pokok lainnya itu diberangkatkan menggunakan satu armada “Herky” dengan nomor ekor A-1328 dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Kesiapan pemberangkatan bantuan ditinjau langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi beberapa pejabat dari BNPB, Kemenkes, Kemensos, dan TNI AU.

Presiden mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan konsistensi Pemerintah Indonesia dalam memberikan bantuan kemanusiaan ke negara lain yang membutuhkan seperti Rakhine State saat ini.

BACA  Cari Cap Battle Proven di Suriah, AD Rusia Kerahkan MRAP Typhoon-K
Dispenau

Baca juga: Maksimalkan Kemampuan Terjun Paskhas, TNI AU Ingin Beli Hercules Tipe J

Bertindak selaku pimpinan tim adalah Waasops Kasau Marsma TNI Anang Nurhadi S., S.E. didampingi Direktur Tanggap Darurat Deputi Bidang Penanganan Darurat Junjungan Tambunan serta satu regu prajurit Korpaskhas TNI AU.

Pengiriman bantuan bukan kali pertama dilaksanakan menggunakan pesawat C-130 Hercules TNI AU. Tahun lalu, empat pesawat ini juga dikerahkan untuk mengirim bantuan kemanusiaan ke Myanmar. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *