Gunakan ‘Seeker’ Dalam Negeri, India Sukses Uji Rudal Jelajah Supersonik BrahMos

ANGKASAREVIEW.COM – India sukses melakukan uji coba penembakan rudal jelajah supersonik BrahMos yang dilengkapi seeker (pencari sasaran) buatan dalam negeri pada Kamis, 22 Maret lalu.

Uji coba dilaksanakan di wilayah latihan Rokhran, barat laut negara bagian Rajasthan dekat perbatasan dengan Pakistan.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman melalui akun twitter-nya mengatakan, uji coba rudal BrahMos dilaksanakan pada pukul 8.42 pagi. Rudal meluncur pada trakyektori yang benar dan tepat mengenai sasarannya.

BrahMos (Brahmaputra – Moskva) merupakan rudal jelajah supersonik jarak menengah bermesin ramjet. Rudal yang dibuat oleh BrahMos Aerospace di Hyderabad ini merupakan hasil kerja sama lembaga penelitian dan pengembangan India dengan Rusia. Rudal dapat diluncurkan dari wahana udara, darat, maupun wahana laut.

Dikembangkan dari rudal jelajah antikapal P-800 Oniks (versi ekspor diberi nama Yakhont), BrahMos mampu terbang dengan kecepatan 2,8 mach. Untuk varian luncur darat, BrahMos mampu membawa 200 kg hulu ledak. Sementara untuk varian luncur udara mampu membawa 300 kg hulu ledak dan telah sukses diujicoba menggunakan jet tempur Su-30MKI.

India dan Rusia pada awalnya mengembangkan BrahMos dengan jarak jelajah di bawah 300 km. Namun kedua negara telah meningkatkan lagi kemampuan jarak jelajah ini hingga lebih 400 km dan telah sukses diuji pada Maret tahun lalu. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *