Jet Tempur Siluman F-35A Pesanan AU Korea Selatan Mengudara Perdana

ANGKASAREVIEW.COM – Jet tempur siluman F-35A pesanan Angkatan Udara Korea Selatan (ROKAF) mengudara perdana pada 19 Maret 2018 lalu. Pesawat pertama dari 40 pesanan AU Korea  ini diterbangkan langsung oleh Alan Norman, Pilot Uji Kepala &  Direktur Uji Penerbangan Lockheed Martin.

F-35A versi tinggal landas/mendarat  konvesional (CTOL) bernomor ekor ROKAF 001 yang dijuluki sebagai “Lightning 41” ini terbang dari landas pacu fasilitas pabrik yang berlokasi di  Ft. Worth, Texas. Pesawat mengudara kurang lebih dua jam sesuai target.

F-35A Lightning II berhasil menyingkiran Boeing F-15SE Silent Eagle dalam kompetisi pengadaan jet tempur tahap tiga ROKAF yang dikenal sebagai program F-X III. Selanjutnya AU Korea Selatan mulai memesan 40  jet tempur generasi kelima ini pada September 2014.

Desember 2017, AU Korea Selatan menandatangani kesepakatan pembelian 20 unit tambahan F-35A. Bila semuanya lancar, ditargetkan 40 unit F-35A akan mulai diterima tahun ini dan tuntas dikirim pada 2021 mendatang. Sementara 20 sisanya menyusul kemudian.

Lockheed Martin
Pihak Korea Selatan menyebut, pengadaan jet tempur stealth F-35A tak akan mengganggu program pengembangan pesawat siluman buatan lokal KAI KF-X yang ditargetkan masuk produksi tahun 2025. KF-X sendiri digadang memiliki kemampuan lebih di atas F-16 namun masih dibawah F-35 yang disebut sebagai jet tempur generasi 4,5. RANGGA BASWARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *