Dikonfigurasikan Sesuai Pengguna, India Lakukan Uji Terbang UAV Rustom-2

ANGKASAREVIEW.COM – Organisasi Riset dan Pengembangan Pertahanan (DRDO) yang dikelola pemerintah India telah sukses melakukan uji penerbangan pesawat tanpa awak (unmanned aerial vehicle/ UAV) buatan mereka, Rustom-2. UAV jenis MALE (medium-altitude long-endurance) ini diterbangkan pada hari Minggu (25/2/2018) lalu dengan konfigurasi sesuai pesanan penggunanya.

Menggunakan mesin bertenaga tinggi, platform UAV Rustom-2 tersebut lepas landas dari area uji aeronautika (Aeronautical Test Range/ ATR) DRDO yang berlokasi di Chalakere, Chitradurga.

Baca Juga:

India Sukses Uji Daya Tarung Rudal Pencegat Ashvin

India Cetak Pilot Tempur Wanita yang Pertama

UAV dengan Panjang 9,5 meter dan bentang sayap 20,6 meter ini mampu membawa berbagai macam muatan untuk melakukan mengemban misi intellijen, pengawasan dan pengintaian (ISR).

BACA  Airbus terbangkan A350-1000 secara otonomus tanpa kendali oleh pilot

UAV dengan twin engine propeller ini tersematkan sistem elektrooptik jarak menengah dan jauh, sistem penginderaan jau dengan SAR (syntetic aperture radar), sistem intelijen elektronik dan komunikasi, serta situational awareness payloads.

UAV Rustom-2 merupakan pengembangan tingkat lanjut dari dua versi sebelumnya yang pernah dibangun, Rustom-1 dan Rustom-H.

DRDO tidak bekerja sendiri dalam mengembangkan Rustom-2. Perusahaan swasta asal India, Zephyr Aerospace berkontribusi dalam membangun airframe pesawat untuk Rustom-2, sementara Lab aplikasi pertahanan elektronik DRDO mengembangkan sistem data link UAV tersebut.

Belum disebutkan secara rinci apakah Rustom-2 dalam uji terbang tersebut menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga atau tidak. Sejauh ini dapur pacu Rustom-2 diketahui didukung dengan dua mesin turboprop Saturn 36T. (ERY)

BACA  Meningkat Tajam, Selama Bulan Mei OTP Garuda Indonesia 90 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *