Tampilkan 13 Manuver, Jupiters Mulai Latihan di Singapura

JAT mulai latihan di Singapura sebelum pelaksanaan Singaporea Airshow 2018Dispenau

ANGKASAREVIEW.COM – Menjelang penampilannya pada ajang Singapore Airshow 2018, tim aerobatik TNI AU Jupiter Aerobatic Team (JAT) atau The Jupiters telah mengawali kegiatannya dengan melaksanakan latihan perdana di kawasan Changi Air Base, Singapura, Jumat (2/2).

Tampil dengan formasi enam pesawat KT-1 Woong Bee, JAT memeragakan 13 macam manuver selama kurang lebih  14 menit. JAT tampil sangat prima dan memukau hadirin yang menyaksikan di lokasi latihan. Demikian juga dengan para awak media begitu antusias mengabadikan event tersebut.

Dinas Penerangan TNI AU (Dispenau) yang ikut dalam rombongan JAT ke Singapore Airshow melaporkan, formasi awak JAT dalam kegitan kali ini berturut-turut adalah:

Dispenau
  1. Jupiter 1 (J-1): Leader Letkol Pnb H. M “Razor” Kisha
  2. Jupiter 2 (J-2): Mayor Pnb Idam “Godam” Satria
  3. Jupiter 3 (J-3): Kapten Pnb Dika “Kingkong” Mahendra
  4. Jupiter 4 (J-4): Mayor Pnb Iwan “Gobang” Setyawan
  5. Jupiter 5 (J-5): Letkol Pnb Marcell “Liger” Kilat Dirgantara
  6. Jupiter 6 (J-6): Letkol Pnb Frando “Fenec” Marpaung.

Selain JAT,  tim aerobatik yang juga melaksanakan latihan pada hari pertama adalah Eagle milik Angkatan Udara Singapura (RSAF) dan Knight milik Angkatan Udara Thailand (RTAF).

Formasi tim Eagle RSAF terdiri dari dua pesawat F-16 dan satu F-15, sedangkan tim Knight  RTAF menggunakan satu pesawat Gripen.

Rencananya, JAT kembali akan melakukan latihan kedua pada Minggu (4/2) dengan formasi dan manuver yang sama.

Singapore Airshow 2018 digelar pada 6-11 Februari di Changi Exhibition Centre. JAT akan tampil full dari hari pertama hingga hari penutupan. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *