Thales dan PT Len akan tingkatkan kapabilitas korvet TNI AL

KRIDiponegoro-365_ Wikipedia_ AIRSPACE REVIEWWikipedia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Thales dan PT Len Industri (Persero) akan meningkatkan kapabilitas empat kapal korvet kelas KRI Diponegoro-365 milik TNI Angkatan Laut.

Keempat kapal perang SIGMA tersebut akan dilengkapi dengan sistem manajemen tempur (CMS) TACTICOS Baseline 2 Thales dan radar Naval Smarter (NS) 50, seperti diberitakan Janes.

Proses upgrade akan dilaksanakan berdasarkan kontrak yang telah ditandatangani pada awal November antara Thales dan PT Len.

Thales di lamannya menerangkan, TACTICOS menggabungkan Operasi Tempur dan Operasi Keamanan Maritim dalam satu CMS.

Teknologi baru TACTICOS memungkinkan pengguna menyiapkan sistem jaringan dalam koalisi dengan akses internet yang aman dengan mudah.

Sistem ini mengenali tren lalu lintas dan perilaku anomali dengan cepat, menemukan hubungan kontak dengan kapal yang memancarkan AIS dan ADS-B.

Thales menyediakan pelatihan net-centric 3D yang terintegrasi dalam TACTICOS.

Selain itu Thales juga menawarkan paket misi khusus seperti cluster Anti Air Warfare, cluster Fire Control, dan solusi datalink taktis.

Teknologi TACTICOS telah digunakan di lebih dari 200 kapal, mulai dari kapal patroli kecil hingga fregat dan kapal perusak.

Sistem ini  telah dioperasikan oleh 25 angkatan laut di dunia, termasuk Angkatan Laut AS, angkatan laut di Asia, Eropa, kawasan Teluk, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika Utara.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *