Usai Saksikan Aerobatik di STPI, Menpan RB: Nah, Ini Lho Pilotnya…

Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Persembahan aerobatik tunggal menggunakan pesawat Super Decathlon oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug Capt. Novyanto Widadi, S.AP, MM usai prosesi Wisuda DII Penerbang Sayap Tetap Angkatan 67 Gelombang 2 pada Sabtu (27/1/2018) cukup memukau penonton.

Salah satu pejabat tinggi negara yang ikut menyaksikan aksi jungkir balik di udara itu adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur. Menpan RB hadir di STPI untuk didaulat menjadi inspektur upacara dalam kegiatan wisuda penerbang tersebut. Ia menyaksikan persembahan aerobatik bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Dirjen Perhubungan Udara Agus Santoso, Kepala BPSDM Perhubungan Djoko Sasono dan para pejabat lainnya dari dua kementerian.

Sebelum melaksanakan aerobatik, Capt. Novyanto terlebih dahulu menyambut kedatangan kedua menteri beserta rombongan di STPI. Ia mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU) dan selanjutnya dalam pelaksanaan upacara yang dimulai pukul 14.00 WIB itu ia menyampaikan laporan pendidikan program DII Penerbang Sayap Tetap Angkatan 67 Gelombang 2 kepada Menpan RB. Di antaranya adalah wisudawan berjumlah 50 orang dengan empat orang lulus mendapatkan pujian (cum laude) dan 44 lainnya lulus sangat memuaskan.

penerbang mudaSuharso Rahman

Setelah itu, Ketua STPI balik kanan dan kemudian meninggalkan arena upacara di Lapangan Perwira Angkasa untuk kemudian segera bergegas menuju ke apron hanggar perawatan pesawat di mana pesawat Super Decathlon sudah siap digunakan.

Upacara wisuda terus berlanjut hingga selesai dan kemudian masuk sesi acara tambahan berupa marching band dan atraksi kemampuan bela diri Taruna-taruni STPI. Setelah itu, barulah persembahan aerobatik oleh Ketua STPI Curug. Pembawa acara melalui pengeras suara mengarahkan pandangan peserta upacara dan hadirin ke udara. Saat itu Super Decathlon langsung terlihat melintas dan melakukan 11 rangkaian manuver.

Diiringi latar lagu yang dinamik, pembawa acara pun menjelaskan manuver-manuver udara yang dilakukan oleh Capt. Novy. Gerakan-gerakan Super Decathlon di udara cukup membuat hadirin yang menyaksikan ikut memberikan apresiasi dengan bertepuk tangan. Salah satu penonton yang berada di belakang posisi Angkasa Review berdiri bahkan berujar, “Bangga juga gue punya Ketua STPI bisa aerobatik…”

Suharso Rahman

Usai pertunjukan aerobatik, acara wisuda ditutup dengan foto bersama dengan para wisudawan. Menpan RB dan Menhub duduk di tengah diikuti para pejabat lainnya di samping kiri dan kanan. Sementara wisudawan berdiri di belakang. Dalam foto itu, Ketua STPI tidak mendampingi karena masih di pesawat yang tengah bersiap mendarat.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan jumpa pers di tenda VIP sekaligus menyantap hidangan yang telah disediakan. Jumpa pers berlangsung, Ketua STPI belum hadir. Baru ketika tanya jawab dengan para insan media itu akan berakhir, Capt. Novy segera bergabung dengan masih mengenakan pakaian terbang.

“Nah, ini lho pilotnya yang tadi aerobatik,” ujar Menpan RB kepada para wartawan disambut tawa ceria. Setelah jumpa pers usai, wartawan minta para pejabat untuk foto bersama lagi. Kali ini lengkap karena Ketua STPI yang menjadi tuan rumah ikut berfoto. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *