Skyscanner Tambah Fitur Hari Libur Khusus Indonesia

ANGKASAREVIEW – Perusahaan pencarian penerbangan global skyscanner.com merilis jadwal hari libur nasional di Indonesia bagi penggunanya yang makin bertambah di Indonesia. Dengan hadirnya fitur ini diharapkan wisatawan Indonesia bisa merencanakan liburannya dengan lebih baik.

Fitur hari libur itu dikembangan dengan tujuan agar wisatawan bisa memaksimalkan waktu libur mereka dengan menggabungkan hari libur nasional yang berdekatan dengan akhir pekan.

Kalender hari libur ini juga akan memberikan saran jumlah cuti yang bisa diambil oleh wisatawan, rekomendasi tujuan wisata di dalam dan luar negeri, dan tentunya harga tiket penerbangan yang paling murah.

Baca juga:
Bisnis Penerbangan Makin Berat Tahun Ini
Apa Bedanya Penerbangan Non Stop dan Penerbangan Langsung?

Riset yang digelar oleh Skyscanner pada tahun lalu mengatakan bahwa 49,8 persen wisatawan asal Indonesia mengalami kesulitan dalam perencanaan liburan mereka. Hambatan paling utama adalah karena terbatasnya waktu cuti.

BACA  Citilink Buka Banyuwangi untuk Penerbangan Internasional

Dari 49,8 persen responden, 32 persen di antaranya mengaku hanya menggunakan tiga hari jatah cuti mereka untuk perjalanan domestik dan 20 persen responden lainnya mengaku menggunakan lima hari jatah cuti untuk perjalanan internasional.

Padahal, jumlah hari libur di Indonesia cukup panjang, sekitar 21 hari yang terbagi atas 16 hari libur nasional dan lima hari cuti bersama yang ditetapkan pemerintah di Hari Raya Lebaran dan Natal. Jumlah libur ini belum termasuk 12 hari jatah cuti yang wajib diberikan perusahaan kepada karyawannya.

Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager Skyscanner Indonesia dalam keterangannya mengatakan, wisatawan di Indonesia selalu mencari cara yang paling cermat untuk melakukan perjalanan, baik dari segi harga, waktu, ataupun daerah tujuan wisata. Kalender Skyscanner menggunakan data historis yang dikumpulkan lewat analisa pasar eksternal dan analisa data internal dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

BACA  Konflik Meningkat, Bisnis Senjata di Timteng dan Asia Melejit

“Fitur ini juga menampilkan tempat wisata paling populer dan diurutkan dengan harga tiket paling ekonomis sepanjang tahun,” tambahnya.

Contohnya, berdasarkan kalender hari libur skyscanner, sepanjang Februari para wisatawan dapat memanfaatkan hari libur nasional Imlek yang jatuh pada 16 Februari untuk melakukan perjalanan liburan sepanjang lima hari.

Wisatawan cukup mengambil dua hari dari jatah cuti tahunan dan menggabungkannya dengan akhir pekan yang jatuh berdekatan untuk dapat melakukan perjalanan dari tanggal 14 Februari – 18 Februari. REMIGIUS SEPTIAN HERMAWAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *