Coba Su-30MKI, Menhan India Nirmala Sitharaman Tembus Kecepatan Suara

ANGKASAREVIEW.COM – Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mencoba kokpit Su-30MKI dan terbang menembus kecepatan suara dengan jet tempur itu.

Menhan India yang seorang wanita ini, memang tidak menerbangkan sendiri Su-30MKI. Ia duduk di kursi belakang. Sedangkan kendali penerbangan dipegang pilot Kolonel Sumit Garg yang duduk di kursi depan.

Dengan mengenakan pakaian terbang berwarna hijau olive, menteri berusia 58 tahun itu tampak gagah sambil mengacungkan ibu jari tangannya ketika Su-30MKI mulai merayap keluar dari shelter menuju ujung landasan di Stasiun Angkatan Udara Jodphur, Rajasthan, Rabu (17/1/2018).

Ini adalah pertama kali bagi wanita India yang menjabat menteri pertahanan terbang menggunakan jet tempur Su-30MKI.

PTI

Pesawat mengudara pada pukul 13.00 waktu setempat meninggalkan daratan hingga ketinggian 8.000 meter (26.400 kaki). Dalam penerbangan itu, Su-30MKI terbang membawa Sitharaman hingga  menembus kecepatan suara atau 1.236 km/jam.

Setelah terbang 45 menit, pesawat kemudian mendarat dan Nirmala turun dari kokpit dengan wajah semringah.

Baca juga: AL Rusia Nantikan Kapal Selam Generasi Kelima

“Pengalaman yang sangat mengesankan menggunakan pesawat tempur yang dibuat di dalam negeri,” ujarnya.

“Penerbangannya juga halus. Kolonel menunjukkan kepiawaiannya menerbangkan pesawat. Saya sangat bangga. Penerbangan ini juga membuat saya jadi tahu tingkat kewaspadaan dan respons yang tinggi dari pilot,” imbuhnya.

PTI

Sitharaman terbang menggunakan jet Su-30MKI dalam kunjungan kerja ke Pangkalan AU Jodphur di mana di situ terdapat skadron jet tempur Su-30MKI.

Sitharaman merupakan Menhan India kedua yang terbang menggunakan jet tempur Sukhoi dan wanita pejabat India kedua setelah Presiden Pratibha Patil terbang dengan pesawat yang sama di tahun 2009.

Baca juga: Mengenal Latihan Tempur F-5 TNI AU di Eranya

Tentang Su-30MKI, pesawat ini mampu membawa senjata nuklir dan melakukan penetrasi terhadap teritori musuh. India sendiri saat ini bersama Rusia tengah mengembangkan rudal supersonik Brahmos untuk Su-30MKI. Rudal ini telah diuji coba di Teluk Bengal tahun lalu. RONI SONTANI

One Reply to “Coba Su-30MKI, Menhan India Nirmala Sitharaman Tembus Kecepatan Suara”

  1. Pak prabowo belum ada berita nya nih jajal sendiri SU-35 atau S-57 indonesia, kayak nya keren banget deh pak, mantan koppassus kbr nya terlatih bisa bawa semua jenis alutsista tri matra. Kita tunggu debut nya jurus cobra pugachep. Gas poll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *