Serbia Berniat Beli 6 Mi-17 dari Rusia dan Bangun Pusat Perawatan Heli

ANGKASAREVIEW.COM – Serbia berniat membeli enam Mi-17 dari Rusia dan akan membangun pusat perawatan heli di negaranya. Menteri Pertahanan Serbia Aleksandar Vulin menyatakan, pembicaraan mengenai hal tersebut telah dilakukan antara kedua negara.

“Terkait kebutuhan dan soal penganggaran, pembicaraan mengenai rencana pembelian enam heli Mi-17 telah dilakukan dengan Rusia. Rencana ini sebagai jalan untuk peremajaan armada pesawat,” kata Vulin dalam siaran langsung di televisi nasional, Selasa (26/12/2017).

“Terpenting lagi, kita akan meneruskan rencana pembangunan pusat perawatan heli di dalam negeri,” ujarnya.

Sejauh ini Angkatan dan Pertahanan Udara Serbia telah mengoperasikan 10 unit heli Mi-8/Mi-17.

S-300

Ditanya mengenai rencana pengadaan sistem rudal pertahanan udara S-300 dari Rusia, Menteri Vulin menyatakan bahwa masih terlalu dini untuk membicarakan hal itu. “Pada saatnya nanti, akan ada waktunya,” jawab Vulin.

Presiden Serbia Aleksandar Vucic sebelum ini mengatakan kepada TASS bahwa Belgrade dalam pembicaraan untuk membeli enam helikopter angkut dan juga sistem pertahanan udara.

Atas pernyataan itu, para mitra dari Serbia mencoba menelusurinya kepada agen penjualan resmi senjata Rusia, Rosoboronexport.

Oktober lalu, Angkatan Udara Serbia menerima enam jet tempur MiG-29 dari Rusia. Selain MiG-29, Serbia akan mendapat hibah 30 tank T-72 dan 30 kendaraan taktis BRDM-2.

Berita tambahan, Serbia tengah mengincar sistem pertahanan udara Buk-M1 dan Buk-M2 serta sistem senjata darat ke udara Tunguska. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *