Memperingati satu abad Skadron SAR Tempur ke-15, Angkatan Udara Italia mempersembahkan corak khusus pada helikopter HH-139B-nya

HH-139B _ AW139M_ 100 Tahun Angkatan Udara Italia _ Airspace ReviewItalian Air Force

AIRSPACE REVIEW – Usia satu abad bukanlah usia yang sebentar, rata-rata umur manusia pun tidak sampai selama itu. Demikian juga dengan Angkatan Udara Italia (AM) yang merayakan Skdron SAR Tempur ke-15, Grup ke-84 yang berbasis di Gioia del Colle. Skadron yang kini diperkuat dengan helikopter Agusta Westland HH-139B (AW139M) tersebut didirikan pada 1924.

Hadirnya helikopter dengan cat khusus tersebut juga sekaligus untuk merayakan seratus tahun Angkatan Udara Italia. Upacara penyerahan helikopter dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2024 di Bandara Antonio Ramirez de Gioia.

“Tujuan dari acara ini adalah untuk mengonsolidasikan persatuan spiritual seluruh personel departemen dan mantan anggota Center ke-84, sebuah kesempatan untuk berbagi pengalaman hidup dan kenangan seluruh perempuan dan laki-laki yang pernah dan menjadi bagian dari dunia penyelamatan udara,” tulis AM dalam pemberitaannya.

Helikopter HH-139B Pusat SAR menampilkan lukisan khusus yang menandakan lambang Departemen. Lukisan tersebut menceritakan kisah, penghormatan terhadap masa lalu dan pandangan ke masa depan dari Cant-Z 506 dari Skuadron 287 yang diwakili oleh Savoy Cross dengan simbol Wing ke-15.

Terdapat simbol 100 berbentuk tak terhingga yang menyatu dengan angka 4, yang berputar 90 derajat membentuk angka 84.

Kemudian ada jejak kaki bebek di sepanjang perut helikopter melambangkan perjalanan sang helikopter.

HH-139, versi militer dari AW139, adalah helikopter multiguna turbin ganda kategori menengah. Heli ini digunakan oleh AM dalam versi transportasi negara VH-139A (Wing ke-31), serta HH-139A dan HH-139B (Wing ke-15) untuk misi SAR Tempur.

Heli dapat beroperasi pada siang dan malam hari berkat penggunaan kacamata penglihatan malam (NVG-Night Vision Goggles). (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *