Buat Demonstrator Rudal Gray Wolf, Kemhan AS Pilih Lockheed dan Northrop

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat telah memilih Lockheed Martin dan Northrop Grumman untuk membuat demonstrator rudal subsonik Gray Wolf dengan nilai kontrak masing-masing 110 juta dolar AS.

Kontrak yang meliputi desain, pengembangan, manufaktur, dan uji jelajah prototipe rudal tersebut akan dikerjakan oleh Lockheed Martin di Dallas, Texas dan di Redondo Beach, California oleh Northrop Grumman.

“Untuk pengerjaan di Texas diperkirakan akan selesai pada 17 Desember 2022. Sementara di California tahun 2024,” jelas Kemhan AS, Selasa lalu.

Ditambahkan, Lockheed dan Northrop memenangi tender pembuatan demonstrator Gray Wolf setelah mengalahkan lima pabrikan lain yang ikut dalam kompetisi Laboratorium Penelitian Angkatan Udara (AFRL) Amerika Serikat itu.

BACA  Negara-negara Besar Pelanggar Wilayah Udara Nasional Indonesia

Gray Wolf dirancang sebagai rudal jelajah otonomus biaya rendah. Rudal ini akan memanfaatkan kolaborasi jaringan untuk melakukan misi pelumpuhan sistem pertahanan udara terintegrasi musuh.

Rudal ini dibuat sebagai rudal murah namun mematikan.

Meski demikian, masih banyak yang menyangsikan apakah rudal murah ini akan efektif diproduksi dan apakah secara penggunaan akan presisi. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *