Gathering dengan Media, Pangkohanudnas Paparkan Pentingnya Kedaulatan Udara

ANGKASAREVIEW.COM – Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas) yang juga Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., mengundang awak media massa ke Markas Kohanudnas di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (22/12/2017) siang.

Acara yang dikemas dalam kegiatan “Media Gathering” itu dimaksudkan sebagai ajang silaturahim antara para pejabat Kohanudnas dengan media massa sekaligus pencerahan dari Pangkohanudnas kepada para awak media mengenai Kohanudnas dan tugas-tugasnya.

Disampaikan Yuyu, keinginan untuk bersilaturahim ini sebenarnya sudah direncanakan sejak dirinya menjabat sebagai Pangkohandunas. Namun, karena terkendala berbagai aktivitas, keinginan tersebut baru dapat terwujud pada akhir tahun 2017 ini.

Suharso Rahman

“Intinya selain untuk bersilaturahim, kami ingin agar rekan-rekan media juga dapat memahami apa itu Kohandunas dan tugas-tugasnya,” ujar Yuyu.

BACA  Setelah 3 Bulan Grounded, Tanker KC-46A Diperbolehkan Terbang Angkut Penumpang dan Kargo

Ditegaskan, Kohanudnas melaksanakan tugas TNI Angkatan Udara dalam menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

admin | Airspace Review

Selain itu, lanjutnya, apabila Kohanudnas butuh bantuan wartawan tentu dapat dengan mudah menghubungi. “Demikian juga apabila rekan-rekan butuh informasi dari saya, saya siap memberikan,” tambah alumnus AAU 1986 yang pernah menjabat Atase Pertahanan RI di Washington DC ini.

Usai sambutan, Yuyu kemudian memberikan pemaparan lebih detail mengenai Kohanudnas dan pentingnya kedaulatan udara suatu bangsa. Ia membeberkan mengenai organisasi Kohanudnas, tugas pertahanan udara, operasi pertahanan udara serta satuan-satuan jajaran di bawah Kohanudnas.

BACA  Rheinmetall Pamerkan Senjata Laser Energi Tinggi untuk Pertahanan Udara
Pen kohaudnas

Setelah itu, Pangkohanudnas memaparkan mengenai masalah Flight Information Region (FIR), penerbangan tanpa izin, alerting service, radar, hingga Air Defense Identification Zone (ADIZ).

Usai paparan acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama.

“Saya ingin kegiatan silaturahim ini terus berlangsung, tidak hanya sekali ini saja. Kita bekerja sama, bekerja melalui bidangnya masing-masing untuk bangsa dan negara,” pungkas Yuyu. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *