Jajal Jet Tempur Sukhoi di Halim, Petinggi TNI dan Polri Solid

ANGKASAREVIEW.COM – Panglima TNI yang juga Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto,S.IP mengajak Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Prof. Drs. M.Tito Karnavian, M.A., Ph.D, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, dan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P melaksanakan terbang kehormatan menggunakan pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2.

Penerbangan kehormatan dilaksanakan di Baseops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (20/12/2017).

Istimewa

Empat pesawat Su-30MK2 Skadron Udara 11, terbang pada pukul 09.00 WIB menuju South Area di atas selatan Jawa Barat pada ketinggian 10.000-15.000 kaki.

“Melaksanakan terbang dengan pesawat Sukhoi, tujuannya adalah selain untuk  penganugerahan  Wing Penerbang Kehormatan kepada Kapolri, Kasad, dan Kasal, sekaligus untuk menjaga  soliditas TNI-Polri yang telah terjalin sangat baik dan  dibina selama ini sehingga dapat dipertahankan dan akan semakin kuat,” jelas Panglima TNI sebagaimana rilis Dispenau yang diterima Angkasa Review.

Istimewa

Komposisi formasi penerbangan “Honor Flight” tersebut adalah: Panglima TNI dengan Komandan Skadron Udara 11 Letkol Pnb Anton Palaguna, Kapolri dengan Kolonel Pnb David Johan Tamboto, KSAD dengan Letkol Pnb Vincentius, serta KSAL dengan Mayor Pnb Setyo.

Manuver  terbang yang  dilaksanakan meliputi  formasi fluid four dan fighting wing (formasi dengan jarak siap tempur).

Istimewa

Selain itu juga melaksanakan patroli di Pantai Selatan Pulau Jawa pada ketinggian 15.000 di atas permukaan laut.

“Dikarenakan keadaan cuaca berawan, sehingga terbang dengan sedikit zig-zag untuk menghindarinya” terang KSAU menjawab pertanyaan mengenai kondisi penerbangan yang dilaksanakan. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *