Mahasiswa Unsurya Tinjau Implementasi CASR di Bandara Halim Perdanakusuma

ANGKASAREVIEW.COM – Sejumlah mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) Jakarta meninjau implementasi mengenai CASR (Civil Aviation Safety Regulation) dan ilmu pengetahuan kedirgantaraan di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (16/12/2017).

Para mahasiswa dari Jurusan Teknik Industri dan Teknik Elektro Semester III Unsurya tersebut meninjau bagaimana pengoperasian Air Traffic Control (ATC), pendataan Meteorologi/Radar Cuaca, penjelasan mengenai aeronautical chart, flight plan atau perencanaan penerbangan yang dilakukan oleh pilot, komunikasi jarak jauh tentang perencanaan penerbangan (RDO SSB), dan penjelasan mengenai rancang bangun bandara sesuai Annex 14 ICAO (International Civil Aviation Organization).

Unsurya
Peninjauan didampingi oleh Dosen Unsurya yang juga Dosen Tetap Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) Marsma TNI Dr. A. Adang Supriyadi, S.T, M.M serta Dosen Fakultas Teknik Industri Unsurya Ir. WT. Bhirawa, S.E., M.M., M.T.

Unsurya
Kegiatan dilaksanakan setelah para mahasiswa dari kedua jurusan melaksanakan proses belajar selama satu semester. Tujuannya adalah agar mereka mengetahui secara langsung implementasi CASR di bandara.

“Sesuai dengan teori Taksonomi Bloom, mahasiswa S-1 itu harus mengetahui dan memahami tentang implementasi pelajaran-pelajaran yang telah diberikan. Dalam hal ini adalah pelajaran mengenai CASR,” ujar Dr. Adang kepada Angkasa Review.

Unsurya
Ditambahkan, keberadaan Unsurya yang dekat dengan Bandara Halim sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Karena, dengan begitu mahasiswa dapat mengetahui lebih detail mengenai implementasi dari mata pelajaran kedirgantaraan yang mereka pelajari di kampus. Terutama, yang berkaitan dengan pengoperasian bandar udara termasuk regulasi-regulasi internasional yang menyertainya. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *