Kurang dari 2 Menit, Petugas PK Bandara Halim Mampu Atasi Kebakaran

ANGKASAREVIEW.COM – Respond time, kita diharapkan sebelum dua menit sudah bisa teratasi. Karena sudah kita latihkan sebelum dua menit sudah bisa teratasi. Demikian diungkapkan General Manager Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Abdul Rasyid kepada Angkasa Review, Jum’at (15/12/2017) lalu.

“Kita latihkan di sini, kita keluarkan armada PK (Pemadam Kebakaran), kita lihat berapa menit dari fire station sampai ke TKP. Itu kita latihkan kurang dari dua menit,” tegasnya.

Memang pada akhir-akhir ini, khususnya di akhir Desember 2017 akan terjadi perubahan cuaca yang cukup signifikan dengan kemungkinan adanya curah hujan yang tinggi. Tentunya hujan adalah anugerah dari sang Maha Pencipta. Namun begitu, pihak manajemen Bandara Halim yang berkoordinasi dengan BMKG akan terus memantau perkembangan dan perubahan cuaca mana kala terjadi hujan lebat dan sebagainya.

BACA  Harumkan Nama Bangsa, TNI AU Akan Pertahankan Keberadaan JAT

Seperti yang terdapat di tempat pelayanan penerbangan lainnya, tentunya di Bandara Halim juga telah disiapkan fire alarm yang akan memberikan warning atau informasi peringatan apabila terjadi korsleting dan sebagainya di suatu tempat di lingkungan bandara.

Dengan begitu, para petugas PKP-PK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran) akan mampu mengidentifikasi sesegera mungkin bila terjadi suatu permasalahan atau kebakaran. Kemudian di beberapa tempat kita siapkan alat pemadam api ringan (APAR).

“Itu yang setiap saat dilatihkan. Kurang lebih dua minggu yang lalu kita sudah melatih mereka (petugas PKP-PK dan karyawan) juga secara rutin Mereka mencoba, harus tahu bagaimana (menanganinya),” ungkap Rasyid.

Pada saat pelatihan PK tersebut, instrukturnya pun turut mensosialisasikan kemampuan mereka.

BACA  Pesawat Angkut Militer Rusia Il-112V Sukses Terbang Perdana

Tak hanya rutin dalam melaksanakan pelatihan dan memelihara kemampuan mengatasi kebakaran, pihak manajemen bandara pun mengecek keberadaan dan kondisi APAR yang ada di tenant-tenant atau di kios-kios Bandara Halim.

“Itu ada list-nya, ada daftarnya, sehingga jika dibutuhkan mereka ready. Di samping itu, Pemadam Kebakaran yang utama juga kita standby-kan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *