Heli Sea King sumbangan Inggris telah beroperasi di Ukraina

Helikopter Sea King UkrainaScreencap
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Helikopter Sea King sumbangan Inggris telah melakukan debut resmi mereka di Ukraina pada hari Sabtu (21/1). Heli ini berkiprah di Ukraina, kurang dari dua bulan setelah London mengumumkan akan menyerahkan tiga heli ini kepada Kyiv.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov mengunggah sebuah video di akun media sosialnya yang menunjukkan heli Sea King tersebut telah mengenakan warna nasional biru dan kuning serta lambang Penerbangan Angkatan Laut Ukraina.

Dalam video tersebut tampak helikopter tengah melakukan simulasi operasi pencarian dan penyelamatan tempur (CSAR) untuk menyelamatkan pilot kawan yang pesawatnya jatuh.

Kementerian Pertahanan Inggris sebelumnya mengumumkan, Royal Navy (AL Inggris) telah melatih 10 awak Ukraina dan teknisi pendukung dalam kursus enam minggu untuk mengoperasikan heli Sea King.

Dalam dinas Royal Navy, Sea King melakukan peran sebagai helikopter perang antikapal selam (ASW), pencarian dan penyelamatan (SAR), peringatan dini udara (AEW), dan transportasi serbaguna.

Mengutip dari The Drive, Sea King yang tampak dalam video menunjukkan bahwa heli ini salah satu model SAR yang sebelumnya dioperasikan oleh Royal Navy hingga dipensiunkan pada tahun 2016.

Helikopter Sea King versi Inggris ini diproduksi oleh Westland Helicopter atas dasar lisensi dari Sikorsky Amerika Serikat.

Helikopter diawaki empat personel, termasuk pilot, kopilot, dan dua kru lainnya. Heli dapat mengangkut hingga 22 penumpang atau kombinasi penumpang dan kargo.

Sea King ditenagai oleh dua mesin turboshaft Rolls-Royce Gnome H1400-1, masing-masing berkekuatan 1.400 ps.

Helikopter yang dapat mendarat di permukaan air ini memiliki kecepatan maksimum 207 km/jam, dengan jangkaun operasi sekitar 1.230 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *