Inggris sedang mempertimbangkan untuk memasok Ukraina dengan Challenger 2 MBT

Challenger 2_tankWikimedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Inggris sedang mempertimbangkan untuk memasok Ukraina dengan tank tempur utama (MBT) Challenger 2, seperti diberitakan oleh saluran TV Sky News pada 9 Januari 2023.

Bila ini terealisasikan, maka pasukan Ukraina akan memiliki monster darat yang mumpuni untuk menghadapi tank T-72, T-80 dan T-90 milik pasukan Rusia.

Saat ini militer Inggris memiliki 227 tank Challenger 2. Sebanyak 148 unit ditingkatkan (upgrade) menjadi Challenger 3, seperti diumumkan Kementerian Pertahanan Inggris pada Mei 2021 lalu.

Walapun Inggris menyediakan tank Challenger 2 yang tidak ditingkatkan ke Ukraina, tank tersebut tetap menjadi salah satu tank tempur dengan perlindungan terbaik di dunia.

Challenger 2 menggabungkan armor Chobham generasi kedua dengan peningkatan perlindungan yang signifikan terhadap serangan rudal KE (Energi Kinetik) dan antitank.

Untuk mengoperasikannya, Challenger 2 diawaki empat personel termasuk pengemudi, komandan, operator senjata, dan pemuat munisi.

Sebagai senjata utama, tank ini mengusung kanon L30 kaliber 120 mm yang mampu menembakkan APFSDS (Armour-Piercing Fin-Stabilised Discarding Sabot) dan HESH (High-Explosive Squash Head).

Jangkauan tembakan efektif kanonnya mencapai jarak 3.000 m. Kendaraan perang ini membawa dapat membawa 50 munisi dalam misi tempurnya.

Challenger 2 dengan bobot 64 ton ditenagai oleh mesin diesel Perkins CV-12 TCA Condor yang menghasilkan daya 1.200 hp.

Tank dapat melaju dengan kecepatan maksimum di jalan datar 56 km/jam dengan jarak jelajah maksimum sejauh 450 km.

-RBS-

One Reply to “Inggris sedang mempertimbangkan untuk memasok Ukraina dengan Challenger 2 MBT”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *