Badan pengadaan Perancis: Ambulans lapis baja Griffon MEDEVAC memenuhi syarat

Griffon 6X6DGA
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menurut cuitan yang dipublikasikan di akun Twitter DGA pada 22 September 2022, agen pengadaan Angkatan Darat Perancis tersebut mengungkapkan bahwa Griffon 6X6 versi MEDEVAC telah memenuhi persyaratan.

Rencananya, tentara Perancis akan menerima total 1.892 kendaraan lapis baja Griffon 6×6 hingga tahun 2030 termasuk 196 kendaraan dalam versi ambulans/MEDEVAC.

Mengutip informasi dari perusahaan Nexter, kendaraan yang dijuluki sebagai Griffon SAN (SANITARY) pertama akan dikirimkan ke DGA pada tahun 2023 mendatang.

Griffon SAN telah dirancang untuk digunakan sebagai kendaraan lapis baja ambulans untuk evakuasi tentara yang terluka di medan perang.

Bagian belakang kendaraan dikonfigurasi untuk membawa tentara yang terluka serta tim medis di bawah perlindungan keamanan yang maksimal.

Mengenai Griffon VBMR 6×6, merupakan generasi baru kendaraan lapis baja beroda ban yang akan menggantikan pengangkut personel lapis baja VAB 4X4 VAB yang saat ini beroperasi dengan Angkatan Darat Perancis.

Peran utama dari Griffon 6X6 adalah untuk memberikan Angkatan Darat Perancis pengangkut personel lapis baja baru dengan tingkat perlindungan dan mobilitas yang tinggi.

Sejak 2019, tentara Perancis telah menerima pengiriman beberapa lusin kendaraan Griffon 6X6 dalam konfigurasi APC (Armored Personnel Carrier).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *