KF-21 lakukan tes darat jelang penerbangan pertamanya

KF-21KAI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prototipe pesawat tempur KF-21 mulai terlihat menjalani tes darat di fasilitas pabrik KAI (Korea Aerospace Industries) di dekat bandara Sacheon, Korea Selatan.

Berdasarkan rekaman yang dibagikan di YouTube pada 4 Juli 2022, menunjukkan jet tengah melakukan taxi dengan kecepatan tinggi di sepanjang landasan pacu.

Menurut KAI, penerbangan perdana prototipe KF-21 dengan nomor ekor 001 ini dijadwalkan pada akhir Juli 2022 ini.

Tak hanya hanya di Korea Selatan, di Tanah Air para pemerhati dan pecinta dunia kedirgantaraan juga antusias menanti penerbangan perdana jet yang dinamai Boramae atau Elang ini.

KF-21 Boramae adalah hasil dari program pengembangan jet tempur yang dikenal sebagai KF-X/IF-X yang dimulai tahun 2010.

Pengembangan jet tempur generasi 4,5 ini dipimpin oleh KAI yang melibatkan beberapa industri terkait dari Negeri Ginseng, serta partner asing PT Dirgantara Indonesia.

Mitra asing lainnya yang menjadi kunci adalah GE Aviation dari Amerika Serikat sebagai pemasok mesin F414, serupa yang digunakan pada F/A-18E/F Super Hornet dan Saab Gripen E/F.

Produksi masal KF-21 akan dimulai pada 2026 setelah rangkaian uji selesai, dengan AU Korea Selatan (ROKAF) sebagai pengguna pertama dan kemudian TNI AU setelahnya.

RoKAF telah memesan 120 unit KF-21 yang diharapkan tuntas pengirimannya pada 2032, Boramae akan menggantikan posisi jet tempur gaek F-4E Phantom II (69) dan F-5E Tiger II (156).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *