Rusia akan tunjukkan “flying tank” T-90A di pameran ARMY-2020

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia akan menunjukkan kemampuan tank tempur utama T-90A untuk “terbang” pada pameran dan Forum Teknik-Militer ARMY-2020. Para awak tank dari Distrik Militer Selatan (SMD) telah dikerahkan untuk melaksanakan pertunjukan “flying tank” T-90A.

Kegiatan pertunjukan armada tank akan dilaksanakan di Srednyaya Akhtuba, Volgograd Region, cabang dari Taman Patriot di Kubinka yang menjadi tempat utama pameran dan forum ARMY-2020.

Kementerian Pertahanan Rusia dalam rilisnya mengatakan, T-90A memiliki daya ketahanan tempur yang tinggi. Tank ini juga didukung oleh sistem elektro-optik dan proteksi dinamik.

T-90A dapat mengatasi kubangan air hingga kedalaman 5 m, parit dengan lebar 3 m, maupun dinding vertikal setinggi 1 m. Kemampuan meloncat dari tank ini yang menyebabkan T-90A diberi embel-embel “flying tank”.

SMD akan memperlihatkan kemampuannya menggunakan T-90A selama tiga hari pada 27-29 Agustus 2020.

Dalam kegiatan manuver darat ini, juga disertakan sekira 50 peralatan dan persenjataan modern lainnya.

T-90 merupakan tank generasi Rusia yang digunakan sejak tahun 1993. Tank yang diproduksi oleh Uralvagonzavod di Nizhny Tagil, Rusia ini merupakan versi modernisasi dari T-72B dan beberapa fitur dicomot dari T-80U.

Awalnya T-90 menggunakan kode T-72BU. Tank dengan kanon 125 mm smoothbore ini dioperasikan oleh pasukan darat dan pasukan laut Rusia.

T-90A merupakan salah satu varian yang digunakan oleh Angkatan Darat Rusia. Tank dengan mesin V-92S2 ini kadang disebut T-90 Vladimir, sebagai penghargaan kepada desainernya yaitu Vladimir Potkin.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *