BMPT Terminator Aljazair tampil perdana di hadapan publik

BMP Terminator AljazairAL24news TV

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – BMPT Terminator milik Angkatan Darat Aljazair tampil perdana di hadapan publik selama parade militer memperingati 60 tahun kemerdekaan Aljazair pada 5 Juli 2022.

Seperti diketahui, kendaraan untuk dukungan tempur ini telah dikirimkan dari Rusia ke Aljazair sejak 2020, total 120 unit yang di akuisisi oleh militer Aljazair.

Varian Terminator yang dibeli Aljazair ini serupa digunakan oleh AD Rusia yang merupakan BMPT Model 2017 atau disebut juga sebagai Terminator 3 (gen-3).

BMPT Terminator ini dirancang oleh Ural Transport Engineering Design Bureau dan manufakturnya dilaksanakan Uralvagonzavod.

BMPT Terminator ini menawarkan mobilitas Main Battle Tank (MBT) dan daya tembak ala IFV (Infantry Fighting Vehicle).

Platformnya didasarkan pada sasis T-72 MBT, yang diawaki oleh tiga orang termasuk pengemudi, komandan, dan penembak.

Kubah (turret) dipersenjatai dengan dua kanon 2A42 kaliber 30 mm dan satu senapan mesin PKTM kaliber 7,62 mm.

Di kedua sisi turet dipasang juga dua peluncur rudal anti tank Ataka, yang memiliki jangkauan maksimum 5.800 m.

Kulit lapis baja BMPT Terminator dirancang untuk menawarkan perlindungan maksimal terhadap serangan senjata anti tank seperti RPG (Rocket-Propelled Grenades).

Sebagai penggerak, BMPT Terminator ditenagai diesel multi-bahan bakar B92C2 berdaya 1.000 hp. Kecepatan maksimumnya 65 km/jam dengan daya jelajah maksimum 550 km.

BMPT Terminator sendiri telah mendapatkan cap battle proven, digunakan militer Rusia dalam Perang Saudara Suriah dan invasi ke Ukraina (Perang Rusia-Ukraina).

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *