Terbang sejauh 8.000 km, armada Su-35S Rusia tiba di Republik Belarus

Su-35SIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat tempur Su-35S Distrik Militer Timur (EMD) terbang dari Khabarovsk dan tiba di Republik Belarus untuk melaksanakan misi latihan serta pertahanan udara dengan pasukan Negara Serikat (Union State).

Kementerian Pertahanan Rusia (27/1) menyatakan, pesawat terbang menempuh jarak 8.000 km dan melakukan dua kali pendaratan di Distrik Militer Pusat (CMD).

Di Belarus, Su-35S akan melaksanakan tugas tempur pertahanan udara sebagai bagian dari fungsi sistem pertahanan udara terpadu Negara Serikat.

Selama penerbangan tersebut pilot sekaligus mempelajari rute serta kondisi cuaca di sepanjang rute.

Dikatakan, inspeksi kekuatan reaksi Negara Serikat akan berlangsung dalam dua tahap.

Tahap pertama akan dilaksanakan hingga 9 Februari, yakni melaksanakan pembentukan kelompok pasukan dan organisasi perlindungan serta pertahanan udara di wilayah Republik Belarus.

Kemudian tahap kedua, dari 10 hingga 20 Februari, melaksanakan latihan bersama “Union Courage-2022” dengan Belarus.

Tujuan dari latihan adalah memperkuat perlindungan perbatasan negara untuk mencegah infiltrasi kelompok militan bersenjata, memblokir saluran pengiriman senjata dan amunisi, hingga menghancurkan formasi bersenjata ilegal maupun kelompok sabotase serta pengintaian oleh musuh.

Sejumlah pangkalan di Belarus akan digunakan dalam pelatihan bersama ini. Rusia mengirimkan selusin Su-35S untuk melaksanakan misi ini.

Sistem pertahanan udara jarak jauh S-400 juga dilibatkan dalam latihan kali ini.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *