Mode Bengis F-35A RAAF muncul dalam latihan Arnhem Thunder 21

RAAF F-35A Beast ModeRAAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Jet tempur siluman F-35A Lightning II milik Angkatan Udara Australia (RAAF) untuk pertama kali muncul mengangkasa dengan persenjataan lengkap.

Dua F-35A yang bermuatan penuh senjata termasuk senjata eksternal itu lepas landas dari Pangkalan RAAF di Darwin dalam latihan “Arnhem Thunder 21” yang berlangsung pada Mei 2021 lalu.

Airbus_contoh2

Selain membawa muatan internal berupa rudal anti pesawat AIM-120 AMRAAM atau AIM-9X, sepasang F-35A tersebut juga menggotong empat bom GBU-12 yang digantung di bawah sayapnya yang dikenal sebagai mode bengis (Beast Mode).

Seperti diberitakan Defense Brief, Komandan Wing Skadron 35 Matthew Harper mengatakan, F-35A adalah satu-satunya jet tempur Barat yang dapat membawa persenjataan internal dan eksternal sekaligus.

“Fitur desain ini memungkinkan F-35A Australia untuk disesuaikan dengan lingkungan ancaman dan persyaratan operasional,” ujar Harper.

Bom GBU-12 yang dibawa F-35A adalah amunisi berpemandu laser yang dapat digunakan menghancurkan berbagai jenis target yang berbeda dalam pertempuran.

Sebagai bagian dari skenario latihan, F-35A menjatuhkan bom pada target berbasis darat di Delamere Air Weapons Range yang terletak sekitar 120 km selatan Katherine.

Sebanyak 50 bom dijatuhkan selama latihan.

Disebutkan, sepuluh F-35A dari RAAF Base Williamtown juga ikut serta dalam latihan Arnhem Thunder 21 tersebut.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *