Komandan Korps Brimob tinjau langsung pabrik Nurol Makina di Turkiye untuk melihat produksi NMS 4X4 pesanan Brimob

NMS Brimob 4X4_

AIRSPACE REVIEW – Komandan Korps Brimob Komjen Pol. Imam Widodo mengunjungi pabrik Nurol Makina di Turkiye untuk menyaksikan langsung produksi kendaraan lapis baja NMS 4×4 pesanan Brimob.

Pada kesempatan tersebut, Komandan Korps Brimob sekaligus menyematkan nama baru “Todak” sejenis ikan Marlin pada ujung kap mesin kendaraan itu.

Mengenai pengadaan NMS 4×4 ini, seperti berita yang telah dimuat di laman Airspace Review sebelumnya, tim delegasi Brimob Polri telah melakukan kunjungan ke Turkiye pada 23 Februari sampai 2 Maret 2021 dalam rangka penjajakan kerja sama alih teknologi dengan perusahaan Nurol Makina.

Rencananya Korps Brimob Polri sendiri akan mengakusisi sekitar 30 unit kendaraan lapis baja taktis ini.

Mengenai NMS 4X4, tergolong sebagi kendaraan tempur (ranpur) jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected). Sanggup bertahan terhadap ledakan ranjau darat maupun IED (bahan peledak improvisasi) setara ledakan 6 kg TNT di bawah perut atau rodanya.

Sementara untuk ketahanan balistiknya, kulit lapis baja NMS 4X4 sanggup menahan tumbukkan peluru senapan serbu kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm.

Untuk spesifikasinya, NMS 4X4 memilik dimensi panjang 4,9 m, lebar 2,4 dan tinggi 2,1 m. Berat totalnya mencapai 8 ton dengan muatan hingga 4 ton.

Kabinnya dapat dimuati sembilan prajurit, dua di kabin depan (pengemudi dan komandan), lalu tiga di baris tengah, dan empat lainnya di bangku belakang.

Sebagai penggerak, kendaraan didukung mesin diesel berdaya 300 hp. Mampu melaju dengan kecepatan maksimum 140 km/jam dan jangkauan operasi hingga 700 km.

NMS 4X4 dapat dibekali stasiun senjata kendali jarak jauh SARP (Stabilized Advanced Remote Weapon Platform) buatan perusahaan Turkiye lainnya, ASELSAN. -RBS-

3 Replies to “Komandan Korps Brimob tinjau langsung pabrik Nurol Makina di Turkiye untuk melihat produksi NMS 4X4 pesanan Brimob”

  1. TNI tidak ikut beli ??
    Tidak di produksi secara lisensi di Indonesia 🇮🇩 …?
    Coba di pertimbangkan ..
    Pasti diterima ijin lisensi nya Indonesia 🇮🇩 ..insya Allah…

  2. Boeing
  3. Boeing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *