Yamal Airlines menerima dua heli Mi-8MTV-1 baru dari Russian Helicopters, dapat dioperasikan di cuaca dingin hingga -50C

Mi-8MTV-1 Yamal AirlinesRussian Helicopters

AIRSPACE REVIEW – Salah satu helikopter andalan Russian Helicopters adalah Mi-8MTV-1. Heli ini dirancang mampu beroperasi dalam kondisi suhu dingin di Arktik hingga -50 derajat Celcius.

Baru-baru ini dua helikopter Mi-8MTV-1 telah diserahterimakan oleh Russian Helicopters kepada Yamal Airlines, sebuah maskapai penerbangan Rusia. Heli ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan untuk meningkatkan jangkauan terbangnya.

Helikopter angkut ketinggian tinggi Mi-8MTV-1 telah ditingkatkan dengan mesin bar VK-2500-03 yang mendukung heli untuk diterbangkan hingga ketinggian dinamis 6.000 m.

Mi-8MTV-1 dikembangkan di pabrik Russian Helicopters di Kazan pada tahun 1985-1987 dan mulai diproduksi secara serial sejak tahun 1988.

Russian Helicopters mengatakan, heli Mi-8MTV-1 secara signifikan sangat penting untuk melayani penerbangan di Daerah Otonomi Yamal-Nenets, yang wilayahnya lebih besar dari Prancis.

Mi-8MTV-1 dapat melakukan berbagai misi, mulai dari transportasi penumpang dan kargo hingga operasi evakuasi dan penyelamatan sanitasi.

Selain itu, helikopter ini dapat digunakan untuk misi khusus seperti memantau jaringan pipa minyak atau mengirimkan kru perbaikan dengan peralatan secara cepat.

Mi-8MTV-1 dapat mengangkut kargo dengan suspensi eksternal yang beratnya mencapai 4 ton.

Kabin heli Mi-8MTV-1 pesanan Yamal Airlines dilengkapi dengan 22 kursi dan dapat dengan cepat diubah menjadi versi penumpang atau ambulans.

Mi-8MTV-1 populer di kalangan maskapai penerbangan yang beroperasi di wilayah Utara Jauh karena keserbagunaan, keandalan, dan kesederhanaannya, yang memungkinkan helikopter dioperasikan tanpa penyimpanan di hanggar.

Hingga saat ini Yamal Airlines mengoperasikan 55 unit helikopter Mi-8 berbagai varian. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *