Inggris membuka rahasia bahwa Italia telah memasok rudal jarak jauh Storm Shadow ke Ukraina

Storm ShadowVia The Telegraph
ROE

AIRSPACE REVIEW – Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps mengatakan bahwa Italia telah memaspk rudal jejalah jarak jauh Storm Shadow ke Ukraina, sehingga membuka kerahasiaan selama berbulan-bulan seputar pasokan persenjataan Italia ke Kyiv.

Shapps membuat pengumuman tersebut saat mengunjungi pabrik MBDA di Inggris yang memproduksi rudal Storm Shadow.

Sebelumnya, Inggris dan Prancis telah memasok rudal ini (versi Prancis: SCALP-EG) ke Ukraina untuk melawan pasukan Rusia di Krimea dan tempat lain.

“Saya pikir Storm Shadow adalah senjata yang luar biasa,” kata Shapps kepada The Times di London.

“Inggris, Perancis, dan Italia lah yang menempatkan senjata-senjata tersebut untuk digunakan, khususnya di Krimea. Senjata-senjata ini membuat perbedaan yang sangat signifikan,” lanjutnya.

Inggris dan Prancis sebelumnya telah mengumumkan pengiriman Storm Shadows ke Ukraina. Sedangkan Italia menolak memberikan rincian mengenai senjata yang dikirim ke Ukraina dan tidak pernah melaporkan pengiriman rudal tersebut.

Pada hari Senin, juru bicara kementerian pertahanan Italia menolak mengomentari pernyataan Shapps ketika ditanya oleh reporter Defense News.

Italia pertama kali membeli Storm Shadow dari rumah rudal Eropa MBDA pada tahun 1999 dan telah menerima sekitar 200 unit. Rudal tersebut digunakan selama operasi NATO di Libia pada tahun 2011.

Pada bulan Januari, Parlemen Italia memutuskan untuk memperluas pasokan persenjataan ke Ukraina hingga tahun 2024, meskipun ada keresahan di antara para pemilih dan tentangan dari beberapa partai di parlemen.

Hingga saat ini, pemerintah sayap kanan Italia merahasiakan daftar paket senjatanya untuk Ukraina, meskipun dilaporkan berencana mengirim rudal permukaan ke udara Stinger, mortir, senjata antitank Milan, atau Panzerfaust, senapan mesin berat Browning, MG -senapan mesin ringan, sistem untuk melawan alat peledak rakitan, sistem roket peluncuran ganda, howitzer dan kendaraan PzH 2000.

Tahun lalu Italia mengumumkan akan mengirim satu sistem pertahanan udara Samp-T bersama dengan Perancis. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *