Israel melakukan serangan balasan terhadap pangkalan jet tempur F-14 Iran

Israel serang balik Iran_ Airspace Review (1)Istimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Kantor berita semi-resmi Iran, Fars, melaporkan pada hari Jumat sekitar pukul 5:30 pagi waktu setempat terdengar ledakan terdengar di timur laut Isfahan. Media-media arus utama kemudian juga memberitakan bahwa Israel telah melakukan serangan balasan terhadap Iran dengan menargetkan pangkalan jet tempur F-14 Tomcat Iran di Isfahan. Akibat dari serangan ini, sejumlah penerbangan komersial dialihkan rutenya.

Kantor berita ABC, CBS dan NPR mengutip pejabat senior AS memberitakan serangan rudal ini. Sementara beberapa lembaga berbicara tentang serangan pesawat tak berawak.

Boeing_contoh2

Bloomberg melaporkan, pihak berwenang Israel memberi tahu Amerika Serikat pada hari Kamis bahwa negara tersebut berencana membalas serangan hari Sabtu dalam waktu 24 hingga 48 jam ke depan.

Jaringan televisi ABC melaporkan serangan langsung di Iran. Bersamaan dengan ini CNN melaporkan bahwa sistem pertahanan udara Iran telah diaktifkan.

Pangkalan Udara yang juga Bandara Internasional Isfahan terletak di timur laut Qahjavestan. Di pangkalan ini militer Iran menempatkan armada jet tempur F-14 Tomcat-nya.

Maskapai penerbangan Emirates dan FlyDubai yang berbasis di Dubai mulai mengalihkan penerbangan di sekitar Iran barat sekitar pukul 04.30 waktu setempat. Mereka tidak memberikan penjelasan, meskipun peringatan setempat kepada awak pesawat menunjukkan bahwa wilayah udara tersebut mungkin telah ditutup.

Televisi pemerintah Iran memulai peringatan di layar yang mengenali adanya suara keras di dekat Isfahan, tanpa segera memberikan rincian lebih lanjut.

Sejauh mana kampanye pembalasan Israel tidak diketahui saat ini. Pengamat menilai, hal ini bisa saja merupakan operasi satu kali atau bisa juga merupakan kampanye yang berkepanjangan.

Iran telah mengeluarkan beberapa pernyataan yang mengancam bahwa mereka akan membalas dengan kekuatan penuh jika Israel membalas serangan balas dendam yang dilakukan Teheran dengan cara yang sama.

Sebelumnya pada hari Minggu, Iran meluncurkan ratusan drone, rudal balistik, dan rudal jelajah ke Israel dengan menyasar Pangkalan Udara Nevatim yang menjadi basis jet tempur siluman Israel, F-35I Adir. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *