Terungkap! Corak kamuflase jet tempur Rafale TNI AU

Kamuflase Rafale TNI AU_ Airspace ReviewTNI AU
ROE

AIRSPACE REVIEW – Lama dinantikan, corak kamuflase (camo) jet tempur Rafale yang akan dimiliki TNI AU akhirnya muncul juga. Hal ini terlihat dari model pesawat Rafale yang diberikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI M. Tonny Harjono kepada Menteri Koordinarot Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto baru-baru ini.

Model pesawat yang sama juga diberikan oleh Kasau kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Meski belum ada pernyataan resmi terkait camo jet tempur Rafale TNI AU tersebut, setidaknya cendera mata berupa model pesawat Rafale yang diberikan oleh Kasau dapat diduga merepresentasikan camo yang akan digunakan pada pesawat sesungguhnya nantinya.

Sekilas camo berwarna abu-abu muda dipadukan dengan abu-abu tua ini mengingatkan pada camo yang digunakan oleh keluarga Hawk 100/200 TNI AU maupun yang terdahulu yakni Hawk Mk.53.

Rafale memang disiapkan sebagai calon pengganti armada Hawk 100/200 TNI AU. Pesawat tempur buatan Prancis ini akan mengisi Skadron Udara 12 dan Skadron Udara 1 yang kini diisi oleh Hawk 100/200, serta Skadron Udara 16 yang kini diisi oleh F-16. (RNS)

One Reply to “Terungkap! Corak kamuflase jet tempur Rafale TNI AU”

  1. maaf warna corak kurang bagus dan kurang macho. kalau satu warna saja sudah cukup menunjukkan kegarangan pesawat tempur seperti corak satu warna pesawat tempur barat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *