Polandia segera menerima pengiriman dua pesawat Saab 340 AEW&C dari Swedia: Bekas pakai Uni Emirat Arab

Saab 340 Erieye_Saab
ROE

AIRSPACE REVIEW – Polandia segera menerima pengiriman dua pesawat Saab 340 Airborne Early Warning and Control (AEW&C) dari Swedia. Hal ini dipastikan oleh Menteri Pertahanan Swedia Pål Jonson dalam kunjungannya ke Polandia pada 4 Maret. Pesawat akan dikirimkan ke sebuah pangkalan militer milik Angkatan Udara Polandia di Gdynia.

Akuisisi pesawat Saab 340 AEW&C semakin memperkuat hubungan kedua negara sekaligus meningkatkan kekuatan Angkatan Udara Polandia sebagai bagian dari upaya Warsawa modernisasi peralatan militer Polandia.

Boeing_contoh2

Saab 340 AEW&C merupakan turunan dari pesawat turboprop Saab 340, yang dimodifikasi untuk membawa sistem radar Erieye yang kuat. Radar ini memungkinkan deteksi dan pelacakan ancaman di udara secara real-time, memberikan informasi berharga untuk pertahanan udara dan operasi kesadaran situasional.

Perlu diketahui, kedua pesawat yang akan ditransfer ke Polandia sebelumnya digunakan oleh Angkatan Udara Uni Emirat Arab yang menggantinya dengan platform GlobalEye yang lebih canggih lagi.

Meskipun demikian, Saab 340 AEW&C tetap menjadi platform yang mapan dan andal untuk berbagai misi AEW&C, tulis Pemerintah Swedia di lamannya.

Bertepatan dengan kunjungan Menteri Jonson, Polandia juga mengumumkan pesanan baru yang signifikan untuk sistem senjata Saab Carl-Gustaf M4. Pesanan senilai 1,24 miliar AS ini mencakup amunisi dan peralatan pelatihan, untuk periode 2024 hingga 2027. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *