Lockheed Martin menyerahkan jet tempur F-16 Block 70 baru ke Slowakia

Slowakia menerima jet tempur F-16 Block 70 pertama dari Lockheed MartinLockheed Martin

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan pertahanan ternama Amerika Serikat, Lockheed Martin, menyerahkan dua jet tempur multiperan F-16 Block 70 (Viper) pertama ke Slovakia pada sebuah upacara di fasilitas Greenville pada 29 Februari 2024. Kedua pesawat akan tetap berada di AS untuk pelatihan pemeliharaan.

Upacara pengiriman pesawat, yang terdiri dari varian C (kursi tunggal) dan varian D (kursi tandem) ini, merupakan tonggak penting dari akuisisi 14 unit F-16 Viper oleh Slowakia. Kelompok pesawat pertama F-16V diperkirakan akan tiba di Slowakia pada pertengahan tahun 2024 dan sisanya akan diserahkan pada tahun 2025.

Slowakia mengganti armada MiG-29 buatan Soviet yang sudah tua dengan pesawat tempur Lockheed Martin F-16 Block 70.

Manajer Umum Integrated Fighter Group di Lockheed Martin, OJ Sanchez, menyatakan Slowakia berada di garis depan dalam mengadopsi pesawat tempur generasi ke-4 tercanggih di Eropa.

Lockheed Martin telah mendapatkan pesanan 133 jet F-16 Block 70/72 yang akan diproduksi di Greenville. Perusahaan mengatakan total tujuh jet telah dikirimkan hingga saat ini untuk mitra internasional.

Selain Slowakia, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui Penjualan Militer Asing (FMS) F-16 Viper ke Filipina. Yordania juga telah memesan pesawat serupa untuk akuisisi delapan unit. Kemudian Angkatan Udara Kerajaan Bahrain akan mengakuisisi 16 jet F-16 Block 70. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *