Sempat dirahasiakan, akhirnya terungkap ternyata Azerbaijan yang mengakuisisi 48 B-52 Nora SPH dari Serbia

B-52 Nora SPHYugoimport
ROE

AIRSPACE REVIEW – Azerbaijan baru saja menyelesaikan perjanjian dengan Serbia untuk pembelian 48 unit sistem artileri medan mobile, B-52 Nora NG 155 mm, dalam kesepakatan senilai 339 juta dolar AS.

Akuisisi ini merupakan bagian dari strategi Azerbaijan untuk memodernisasi persenjataan militernya, di tengah ketegangan dengan negara tetangganya Armenia.

Sebelumnya pada Desember 2023 tersiar kabar, sebuah negara yang dirahasiakan telah memborong 48 sistem SPH (self-propelled howitzer) dari Serbia.

Fakta terbaru ini, menjawab dugaan para analis yang sebelumnya telah memperkirakan bila Azerbaijan-lah negara yang dimaksud.

Hal ini dikaitkan dengan kunjungan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pada 10 Desember 2023 yang menghadiri presentasi senjata di ibu kota Serbia.

Saat itu, delegasi Azeri diperlihatkan berbagai sistem persenjataan buatan industri pertahanan Serbia, termasuk sistem SPH Nora B-52 NG.

Mengenai Nora B52 NG, adalah sistem artileri medan bergerak yang dikembangkan oleh Yugoimport SDPR pada tahun 2006.

Howitzer 155 mm/52-nya dipasang pada platform berputar di bagian belakang truk 8×8, dengan jarak tembak maksimal mencapai 41 km.

Dalam posisi menembak, senjata berputar ke belakang dan distabilkan oleh empat cadik elektrohidraulik teleskopik.

Dalam misi tempurnya, Nora B52 membawa 36 butir munisi, dengan 12 siap dtembak dan 24 butir di magasin amunisi di belakang kabin. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *