Pasukan Rusia berhasil menyerang peluncur rudal Patriot Ukraina, berikut update sejumlah serangan di beberapa tempat

Pasukan tank RusiaIstimewa

PASUKAN Rudal Rusia berhasil menyerang peluncur, amunisi, dan komponen lain dari sistem rudal permukaan ke udara (SAM) Patriot buatan AS yang dioperasikan oleh pasukan Ukraina. Dalam operasi militer khusus yang digelar selama satu pekan terakhir ini, pasukan Rusia memperoleh sejumlah kemenangan, demikian Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan dikutip TASS.

“Sebagai akibat dari serangan kelompok, Pasukan Rudal Angkatan Bersenjata Federasi Rusia telah menghantam sebuah peluncur, sebuah truk, amunisi, dan trailer pengangkut muatan rudal dari sistem rudal permukaan-ke-udara Patriot buatan AS,” kata Kementerian Pertahanan Rusia. Berikut laporan di berbagai tempat:

Wilayah Donetsk

Pasukan Rusia berhasil membebaskan Pobeda dan mengambil posisi yang lebih menguntungkan di wilayah Donetsk selama seminggu terakhir. Sebanyak 12 serangan balik Ukraina berhasil digagalkan.

“Di wilayah Donetsk, unit Battlegroup Selatan telah membebaskan wilayah berpenduduk Pobeda dan memperoleh posisi yang lebih menguntungkan. Dekat Georgievka, Leninskoe, Bogdanovka dan Novgorodskoe, 12 serangan balik dilakukan oleh kelompok serbu serangan udara ke-79 Ukraina, brigade mekanis ke-24 dan ke-42. telah ditolak,” kata kementerian.

Angkatan Bersenjata Ukraina menderita kerugian hingga 1.195 tentaranya dan enam tank di wilayah Donetsk Selatan selama seminggu terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bahwa di daerah itu, unit-unit Battlegroup Vostok (Timur) telah meningkatkan posisi garis depan mereka dan mengakibatkan kekalahan pada unit-unit Brigade Mekanik ke-72 Ukraina serta Brigade Pertahanan Teritorial ke-102, 108, 127, dan 128 di dekat Vodyanoye, Novodonetskoe, Staromayorskoe, dan Urozhaynoye dari Republik Rakyat Donetsk, serta Chervonoye, Priyutnoye dan Lugovskoe dari Wilayah Zaporozhye.

Empat serangan yang dilakukan oleh kelompok penyerang Brigade Infanteri Bermotor ke-58 Angkatan Bersenjata Ukraina di dekat Novodonetskoe dan Shevchenko di Republik Rakyat Donetsk berhasil digagalkan. Militer Ukraina menderita kerugian hingga 1.195 tentaranya, enam tank, enam kendaraan tempur lapis baja, 23 motor kendaraan, dan 16 senjata artileri lapangan,” tambah Kementerian Pertahanan Rusia.

Angkatan Bersenjata Rusia melakukan 37 serangan kelompok selama seminggu terakhir, menggunakan senjata presisi, untuk menyerang struktur militer Ukraina, perusahaan industri militer, gudang amunisi dan bahan bakar, infrastruktur lapangan terbang, dan lokasi penempatan pasukan Ukraina dan tentara bayaran asing, sebagai akibatnya, semua target yang ditentukan telah tercapai.

Antara tanggal 17 dan 23 Februari 2024, Angkatan Bersenjata Federasi Rusia melakukan 37 serangan kelompok menggunakan senjata presisi, termasuk senjata jarak jauh udara ke permukaan, serta drone untuk menyerang fasilitas militer Ukraina yang terdiri dari kompleks industri, infrastruktur lapangan terbang militer, persenjataan, dan pangkalan penyimpanan bahan bakar.

“Selain itu, wilayah penempatan unit Angkatan Bersenjata Ukraina, formasi nasionalis, dan tentara bayaran asing telah diserang. Semua target yang ditetapkan telah diserang.”

Pesawat terbang dan pertahanan udara Rusia telah menembak jatuh jet tempur MiG-29 dan helikopter Mi-8 milik Ukraina selama seminggu terakhir. “Selama seminggu terakhir, pesawat dan sistem pertahanan udara menembak jatuh sebuah jet tempur MiG-29 dan sebuah helikopter Mi-8 milik angkatan udara Ukraina,” bunyi pernyataan itu.

Angkatan Bersenjata Ukraina telah kehilangan 12 tank, 31 kendaraan tempur lapis baja, dan lebih dari 2.560 tentara di wilayah Donetsk selama seminggu terakhir.

Unit Battlegroup Selatan berhasil menyerang tenaga dan peralatan Angkatan Bersenjata Ukraina di dekat Belogorovka, Grigorovka, Krasnoye, Kleshcheevka, Kurdyumovka, Razdolovka, Novomikhailovka, Nevelskoe dan Krasnogorovka di Republik Rakyat Donetsk. “Musuh telah kehilangan lebih dari 2.560 anggota militer, 12 tank, 31 kendaraan tempur lapis baja, 58 kendaraan, 13 senjata artileri lapangan dan sebuah kendaraan tempur Grad MLRS.”

Wilayah Kherson

Angkatan Bersenjata Ukraina telah menderita kerugian lebih dari 460 tentaranya, lima tank, enam kapal, dan 14 senjata artileri lapangan di wilayah Kherson selama seminggu terakhir.

“Musuh menderita kerugian lebih dari 460 anggota militer, lima tank, enam kendaraan tempur lapis baja, 33 kendaraan bermotor, enam kapal dan 14 artileri lapangan. Tiga serangan Brigade Serangan Gunung ke-82 Ukraina juga berhasil digagalkan di luar Rabotino di Wilayah Zaporozhye.”

Di wilayah Kherson, pasukan Rusia berhasil menguasai Krynki, memperoleh posisi yang lebih menguntungkan dan melakukan serangan terhadap tenaga dan peralatan Brigade Mekanis ke-28, ke-65 dan ke-118; Brigade Marinir ke-35 dan ke-37; serta Brigade Pertahanan Teritorial ke-121 dan ke-126 di dekat Malaya Tokmachka, Verbovoye, Orekhov, Shcherbaky, Lugovoye di Wilayah Zaporozhye serta dekat Zolotaya Balka, Mikhailovka, Ivanovka, Tyaginka, dan Zmeyevka di wilayah Kherson.

Selama seminggu terakhir, pesawat dan sistem pertahanan udara Rusia berhasil menembak jatuh tujuh rudal Storm Shadow, satu rudal Patriot, empat rudal S-200, tiga rudal antiradar HARM, enam bom berpemandu presisi JDAM, dan 42 roket HIMARS, serta 652 kendaraan udara tak berawak.

Wilayah Kupyansk

Unit Battlegroup Zapad (Barat) telah meningkatkan posisi garis depan mereka di daerah Kupyansk, di mana 25 serangan balik Ukraina juga berhasil digagalkan.

“Selama seminggu terakhir, unit Battlegroup Zapad (Barat) mengambil tindakan aktif dan meningkatkan posisi mereka di sepanjang garis depan di wilayah Kupyansk, dan juga berhasil menghalau 25 serangan balik musuh di dekat Sinkovka di Wilayah Kharkov dan Terny di Republik Rakyat Donetsk, personel dan peralatan militer dari Brigade Mekanis ke-30 dan ke-66, Brigade Serangan Gunung ke-10, dan Brigade Lintas Udara ke-25 Angkatan Bersenjata Ukraina, serta Brigade Pertahanan Teritorial ke-125 diserang di dekat Chugunovka, Petropavlovka, Kislovka di Wilayah Kharkov; Yampolovka dan Torskoe di Republik Rakyat Donetsk; dan Stelmakhovka dan Chervonaya Dibrova di Republik Rakyat Lugansk,” kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Dijelaskan bahwa kerugian Ukraina mencapai lebih dari 390 tentara, empat tank, 13 kendaraan tempur lapis baja, 21 kendaraan dan 25 artileri lapangan.

Daerah Avdeyevka

Pasukan Rusia terus bergerak maju ke arah barat di daerah Avdeyevka dan berhasil menghalau 39 serangan balik Ukraina selama seminggu terakhir. Di wilayah ini pasukan Ukraina kehilangan lebih dari 2.900 tentaranya.

“Di daerah Avdeyevka, unit Battlegroup Tsentr (Pusat) membebaskan kota Avdeyevka di Republik Rakyat Donetsk dan terus bergerak maju ke arah barat. Sebanyak 39 serangan balik dilancarkan oleh Detasemen Penyerangan Brigade ke-71 Angkatan Bersenjata Ukraina; Infanteri Bermotor ke-47 dan ke-53, Infanteri Bermotor ke-59, dan Brigade Penyerangan ke-3 berhasil dipukul mundur di dekat Berdychy, Lastochkino, dan Pervomaiskoe di Republik Rakyat Donetsk. Selama seminggu lalu, musuh menderita lebih dari 2.900 korban di daerah ini.”

Unit-unit kelompok tempur tersebut, yang didukung oleh pesawat terbang dan artileri, menimbulkan kerugian pada personel dan peralatan militer Ukraina di dekat Orlovka, Solovyevo, Semyonovka, Tonenkoye, Yevgenovka dan Mirolyubovka di Republik Rakyat Donetsk. Militer Ukraina kehilangan empat tank, 37 kendaraan tempur lapis baja, 90 kendaraan, delapan artileri lapangan, dan sebuah kendaraan tempur Grad MLRS.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *