Perusahaan Korea Selatan akan mengekspor sistem rudal permukaan ke udara jarak menengah Cheongung M-SAM II senilai 3,2 miliar USD ke Arab Saudi

CheongungJUNG Yeon-Je/AFP

PERUSAHAAN Korea Selatan LIG Nex1 telah mengantongi kesepakatan untuk mengekspor sistem pencegat rudal permukaan ke udara Cheongung M-SAM II senilai 3,2 miliar USD ke Arab Saudi. Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan hal itu pada hari Selasa.

Dikatakan bahwa LIG Nex1 mendapatkan kontrak tersebut dari Kementerian Pertahanan Saudi pada bulan November tahun lalu.

Rincian kontrak tersebut diungkapkan setelah menteri pertahanan kedua negara mengadakan pembicaraan di Riyadh pada hari Minggu untuk meningkatkan hubungan industri senjata di sela-sela Pameran Pertahanan Dunia (WDS) 2024 yang berlangsung pada 4-8 Februari 2024.

Sistem rudal hit-to-kill Cheongung M-SAM II mampu mencegat rudal yang masuk pada ketinggian sekitar 40 km untuk melindungi fasilitas vital dari ancaman artileri dan pesawat.

Selain Arab Saudi, sebelumnya Uni Emirat Arab pada Januari 2022 diberitakan Reuters juga akan membeli rudal Cheongung II M-SAM dari Korea Selatan dengan perkiraan nilai kesepakatan adalah 3,5 miliar USD. Sistem rudal permukaan-ke-udara jarak menengah akan meningkatkan kemampuan pertahanan UEA.

UEA telah menandatangani kesepakatan awal untuk mengakuisisi sistem senjata rudal tersebut. Akuisisi ini juga akan memperkuat kerja sama pertahanan antara kedua negara.

Hal ini menyusul diskusi antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Perdana Menteri UEA Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum di Dubai, lapor kantor berita Yonhap saat itu.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *