Di tengah menipisnya armada helikopternya, Ukraina akan mendapatkan enam heli Sea King bekas pakai Angkatan Laut Jerman

Heli Sea King Mk 4 AL JermanBundeswehr
ROE

DI TENGAH kekurangan alutsista, termasuk armada helikopter serbaguna, Angkatan Bersenjata Ukraina akan mendapatkan nafas baru berupa bantuan helikopter dari Jerman. Helikopter tersebut adalah jenis Sea King Mk 41 yang telah berusia tua. Heli ini diambil dari inventaris militer Angkatan Laut Jerman.

Pengiriman sebanyak enam helikopter buatan Sikorsky tersebut dijadwalkan pada kuartal kedua tahun 2024 ini. Seperti diketahui Angkatan Laut Jerman sedang dalam proses peralihan dari helikopter Sea King Mk 41 ke NHIndustries NH90 Sea Lion.

Sumbangan helikopter ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius baru-baru ini dalam pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina, sebuah pertemuan yang melibatkan lebih dari 50 negara dan organisasi yang mengoordinasikan kemampuan untuk mendukung pertahanan garis depan Ukraina.

Pistorius menekankan helikopter Sea King adalah helikopter terbukti dan kuat yang akan membantu Ukraina dalam berbagai peran, mulai dari melakukan pengawasan di Laut Hitam hingga memfasilitasi transportasi tentara.

Sebelumnya Angkatan Bersenjata Ukraina juga telah mendapatkan helikopter serupa sebanyak tiga unit dari Inggris pada Mei 2023. Helikopter Sea King tersebut adalah milik Angkatan Udara dan Angkatan Laut Inggris yang telah dipensiunkan sejak tahun 2018.

Sebagai catatan, Angkatan Bersenjata Ukraina sebelum perang dengan Rusia mengoperasikan setidaknya 15 helikopter angkut kelas medium keluarga Mi-8 buatan era Uni Soviet.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *