Kapal patroli tempur pemecah es Ivan Papanin (Proyek 23550) yang dilengkapi rudal Kalibr-K akan diserahkan ke Angkatan Laut Rusia akhir tahun ini

Ivan Papanin_Admiralty Shipyard

ANGKATAN LAUT Rusia akan menerima kapal patroli yang juga kapal pemecah es dari Proyek 23550 yakni Ivan Papanin pada akhir tahun 2014. Kapal yang dibangun di Galangan Kapal Admiralty di St. Petersburg ini ditinjau oleh Panglima Angkatan Laut Rusia Laksamana Nikolay Yevmenov baru-baru ini.

Merujuk pada pemberitaan TASS, kapal tersebut saat ini sedang menjalani uji tambatan. Uji coba laut pabrik dijadwalkan pada bulan April mendatang. Saat ini, Pusat Pelatihan Gabungan Angkatan Laut sedang menginstruksikan awak kapal, yang akan menaiki kapal pada bulan Maret, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan.

Ivan Papanin akan secara efektif melakukan tugas sebagai bagian dari kelompok dan detasemen kapal untuk menjamin keamanan di wilayah Arktik. Kapal ini memiliki kelayakan laut yang tidak terbatas dan daya jelajah yang jauh. Kapal ini membawa peralatan dan persenjataan modern yang diperlukan untuk mengatasi tugas yang diberikan, kata Yevmenov.

Kapal permukaan kelas es merupakan bagian dari Rencana Rusia untuk melengkapi armada Angkatan Laut Rusia. Kapal kelas es multifungsi ini mampu mengatasi es setebal 1,7 m. Sebagai kapal patroli, Ivan Papanin dilengkapi dengan persenjataan berupa meriam naval gun AK-176MA 76,2 mm dan delapan sel peluncur rudal jelajah Kalibr-K dan/atau rudal antikapal Uran dalam kontainer.

Ivan Papanin juga dapat meluncurkan rudal jelajah serangan darat 3M14 dengan jangkauan minimal 1.500 km dan rudal jelajah antikapal 3M54 dengan jangkauan 440-660 km. Rudal ini dapat menggunakan hulu ledak konvensional atau nuklir.

Di kapal ini juga terdapat helipad dan hanggar untuk satu helikopter angkatan laut, seperti Ka-27 atau Ka-32. Selain itu kapal dilengkapi dengan dua kapal patroli berkecepatan tinggi Raptor (Proyek 03160). Kapal-kapal ini dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk patroli, pencarian dan penyelamatan, intersepsi kapal lain, transportasi utilitas, dan operasi pendaratan. Kapal-kapal tersebut dapat membawa hingga 20 pelaut atau marinir. Di kapal ini juga terdapat hovercraft kecil.

Peletakan lunas kapal Ivan Papanin dilakukan pada 19 April 2017. Peluncuran kapal dilaksanakan dua tahun kemudian pada 25 Oktober 2019. Penyelarasan akhir dilakukan saat sudah terapung. Uji coba tambatan dijadwalkan dimulai pada akhir tahun 2022 dan uji coba laut pabrik pada kuartal ketiga tahun 2023. Ivan Papanin ditenagai mesin diesel-listrik berupa empat mesin diesel Kolomna 28-9DG.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *