Iran sukses luncurkan satelit milik Garda Revolusi, membuat was-was Israel dan Barat

Peluncuran satelit Garda Revolusi IranAP

IRAN MENGATAKAN telah berhasil melakukan peluncuran satelit dalam program luar angkasa milik Garda Revolusi Iran. Ditambahkan bahwa satelit telah mencapai orbit tertingginya. Satelit bernama Soraya tersebut ditempatkan pada orbit sekitar 750 km di atas permukaan bumi dengan menggunakan roket tiga tahap, menurut laporan kantor berita pemerintah IRNA.

Peluncuran tersebut merupakan bagian dari program luar angkasa Garda Revolusi Iran dan juga program luar angkasa sipil Iran. Pengumuman dilaksanakannya program ini muncul ketika ketegangan yang meningkat di Timur Tengah terkait perang Israel yang sedang berlangsung terhadap Hamas di Jalur Gaza, dan hanya beberapa hari setelah Iran dan Pakistan terlibat dalam serangan udara saling balas di negara masing-masing.

Sementara itu, AS mengatakan pengembangan kendaraan peluncuran satelit ini ‘memperpendek waktu’ untuk kemajuan pengembangan rudal balistik antarbenua mereka, karena menggunakan teknologi serupa merujuk pada The Times of Israel.

Amerika Serikat sebelumnya mengatakan peluncuran satelit Iran melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan meminta Teheran untuk tidak melakukan aktivitas yang melibatkan rudal balistik yang mampu menghasilkan senjata nuklir..

Rudal balistik antarbenua dapat digunakan untuk mengirimkan senjata nuklir. Program nuklir Iran kini telah sampai tahap memperkaya uranium hingga mendekati tingkat senjata setelah gagalnya perjanjian nuklir dengan negara-negara besar.

Iran selalu membantah berusaha membuat senjata nuklir dan mengatakan program luar angkasanya, seperti halnya aktivitas nuklirnya, adalah murni untuk tujuan sipil. Namun, Badan Intelijen AS dan IAEA mengatakan Iran memiliki program nuklir militer terorganisir sejak tahun 2003.

Terlebih, keterlibatan Garda Revolusi dalam peluncuran tersebut, serta kemampuannya meluncurkan roket dari peluncur bergerak, menimbulkan kekhawatiran bagi negara-negara Barat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *