Berpacu dengan waktu, Ukraina kebut pengembangan rudal kamikaze bermesin jet baru dalam negeri

Drone kamikaze bermesin jet Ukrainavia Ukraine Battle Map
ROE

UKRAINA SEDANG BERPACU dengan waktu, mengembangkan drone kamikaze jenis baru yang dilengkapi mesin jet untuk dapat digunakan segera dalam peperangan melawan Rusia. Drone baru ini menawarkan kinerja yang unggul dibandingkan dengan drone tradisional yang digerakkan oleh baling-baling.

Keuntungan utama drone bertenaga jet ini terletak pada peningkatan kecepatan dan jangkauannya, sehingga memungkinkan mereka dengan cepat mencapai target yang jauh dan bermanuver dengan gesit.

Airbus_contoh2

Kemampuan ini sangat penting dalam konteks perang yang terjadi saat ini antara Ukraina dengan Rusia, dimana kecepatan dan ketepatan serangan dapat menentukan hasil dari konfrontasi. Selain itu, aspek-aspek tertentu dari desain mereka dapat menawarkan keunggulan siluman membuat drone ini kurang terdeteksi oleh sistem pertahanan udara musuh.

Keuntungan utama drone bertenaga jet, berkat kekuatan propulsinya, menjadikannya dapat membawa beban yang lebih berat. Termasuk persenjataan lebih besar atau peralatan pengawasan yang canggih.

Hal ini memungkinkannya untuk melakukan serangan yang lebih dahsyat atau melakukan misi pengintaian yang lebih mendalam. Sebaliknya, drone baling-baling seringkali terbatas dalam hal muatan karena daya propulsinya yang rendah, lebih berfokus pada daya tahan daripada kecepatan.

Namun, penggunaan mesin jet pada drone yang ditakdirkan untuk dihancurkan dalam misi tempurnya ini menimbulkan pertanyaan mengenai biaya dan efisiensi. Mesin ini lebih mahal dan rumit dibandingkan mesin drone klasik, secara signifikan meningkatkan biaya unit setiap drone.

Terlepas dari itu, industri pertahanan Ukraina makin menunjukkan kemandiriannya, untuk tidak bergantung atas sumbangan negara NATO yang makin lama makin mengendur.

Sementara, keberadaan drone yang belum diketahui namanya ini, telah diposting oleh akun X Ukraine Battle Map pada 18 Januari 2024, termasuk foto dan video uji cobanya.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *