Yuk simak, keunggulan teknologi tank Leopard 2A7HU milik Hungaria yang digadang lebih canggih dari punya Jerman

Leopard 2A7HUHungarian Defense

MENTERI PERTAHANAN Hungaria Christoph Szalay-Bobrovniczky baru-baru ini dengan bangga mengungkapkan bila Tank Tempur Utama (MBT) Leopard 2 milik negaranya lebih unggul teknologinya bahkan bila dibandingkan dengan yang digunakan oleh tentara Jerman.

Hal tersebut disampaikan oleh Bobrovniczky.saat menerima tiga unit tambahan Leopard 2A7HU, total menjadi delapan unit telah dimiliki Angkatan Darat Hungaria hingga saat ini.

Lalu apa yang menjadikan Leopard Hungaria lebih unggul dibandingkan dengan milik Jerman?

Leopard 2A7HU (Hungarian Upgrade) merupakan versi lanjutan dari Leopard 2A7. Tank ini menawarkan beberapa peningkatan yang signifikan, menjadikannya lebih unggul dari pendahulunya.

Salah satu peningkatan utamanya adalah dalam hal daya tembak di mana Leopard 2A7HU telah dilengkapi dengan meriam smoothbore 120 mm L/55.

Kanon baru ini dapat menembakkan amunisi lebih kuat, sehingga meningkatkan efektivitasnya terhadap sasaran lapis baja dan bukan lapis baja.

Leopard 2A7HU juga menawarkan perlindungan yang lebih unggul dibandingkan Leopard 2A7 milik tentara Jerman.

Tank dilengkapi sistem perlindungan lapis baja modular canggih, yang dapat ditingkatkan atau diganti untuk beradaptasi dengan tingkat ancaman yang berbeda.

Sistem ini memberikan peningkatan perlindungan terhadap berbagai ancaman, termasuk rudal antitank, ranjau darat, bahan peledak improvisasi (IED), dan bentuk alat peledak lainnya.

Peningkatan signifikan lainnya pada Leopard 2A7HU adalah sistem pengendalian tembakannya yang canggih.

Sistem ini mencakup antarmuka digital baru, yang memungkinkan perolehan target lebih cepat dan tepat. Ini juga mencakup sistem pencitraan termal untuk meningkatkan deteksi dan identifikasi target, bahkan dalam kondisi visibilitas rendah.

Lebih jauh lagi, Leopard 2A7HU telah dirancang dengan mempertimbangkan peningkatan mobilitas. Berupa fitur paket daya yang ditingkatkan.

Mesin diesel baru ini memberikan peningkatan daya yang lebih kuat, memungkinkan tank melintasi medan sulit dengan lebih mudah, melaju pada kecepatan lebih tinggi, serta bermanuver lebih lincah.

Terakhir, Leopard 2A7HU juga mencakup beberapa peningkatan yang meningkatkan keberlanjutan dan kesiapan operasional tank termasuk unit daya tambahan.

Unit ini memungkinkan awak tank untuk mengoperasikan sistemnya tanpa menjalankan mesin utama. Unit daya Leopard 2A7HU menghemat bahan bakar dan mengurangi keausan.

Leopard 2A7HU juga dilengkapi sistem perawatan dan diagnostik yang ditingkatkan, yang membantu mengurangi waktu henti dan meningkatkan ketersediaan operasional tangki secara keseluruhan.

Sebagai keluarga tank Leopard 2 tercanggih di dunia, versi Leopard 2A7HU menjadi rujukan KNDS (KMW+Nexter Defense Systems) untuk pembuatan versi baru yang disebut sebagai Leopard 2A8.

Varian terbaru ini akan diproduksi untuk memenuhi permintaan Jerman yang telah memesan 18 dari rencana 105 unit, lalu Norwegia untuk 54 tank, dan Republik Ceko hingga 77 unit.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *